>

Air PDAM Depok Sudah Layak Diminum

|

Marieska Harya Virdhani - Okezone

Air PDAM Depok Sudah Layak Diminum
DEPOK - Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta bersiap meluncurkan tiga lokasi titik sumber air yang bisa langsung diminum. Sebagai pilot project, pemasangan tersebut akan dilakukan di tiga titik sumber air di Balaikota Depok.

Peluncuran tersebut rencananya akan dilakukan bertepatan dengan HUT kemerdekaan RI 17 Agustus besok. Pemasangan mulai dilakukan hari ini yaitu di halaman Masjid Balaikota, lapangan, dan halaman parkir Gedung Baleka. Ketiga titik tersebut memiliki konsep Reverse Osmosis (RO). Konsep itu menghilangkan semua bakteri sehingga air layak untuk diminum secara langsung.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail langsung mengecek kesiapan peluncuran air minum tersebut. “Pengecekan yang dilakukan adalah tentang kelayakan struktur bangunannya, tinggi rendahnya bangunan, bentuk alirannya, nyaman atau tidaknya cara untuk memanfaatkan fasilitas sebagai sumber air minum langsung, dan sebagainya," ujarnya di Balai Kota Depok, Jumat (16/08/2013).

Menurut Direktur PDAM Depok Muhammad Kholik, air tersebut telah melalui proses uji laboratorium dan hasilnya sudah sesuai standar layak untuk diminum. Sumber air berasal dari sumber PDAM, yang dimasukan instalasi RO dan telah siap untuk diminum.

"Dirut PDAM besok bisa menjelaskan bagaimana standar uji laboratorium sehingga bisa layak diminum. Dengan adanya titik air ini di Balaikota, kami berharap , para pengguna pelayanan yang berada di Balaikota bisa memanfaatkannya sebagai fasilitas sumber air minum langsung. Dengan telah adanya ketiga titik di Balaikota ini, PDAM sudah harus bersiap-siap untuk menyediakannya dibeberapa tempat pelayanan lainnya," katanya.

Terkait soal rasa air, Nur Mahmudi menjelaskan rasa airnya sudah layak.  PH yang dicapai di kisaran angka tujuh.

"Untuk PH air minum yang sesuai standar kesehatan adalah 6,5 sampai 8,5. Dan uji laboratorium mengatakan PH sumber air minum langsung ini sudah layak untuk diminum. Kalau memang bisa PH-nya dinaikan, dinaikan saja sedikit biar lebih adem rasanya," katanya. (Kie) (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Chevron Indonesia Lakukan Upaya Hukum dengan Bukti Baru