nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Percepat Pembangunan Trans Kereta Api di Sumatera

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 18 Desember 2014 11:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 12 18 320 1080916 jokowi-percepat-pembangunan-trans-kereta-api-di-sumatera-46vJUZNGy8.jpg Jokowi Percepat Pembangunan Trans Kereta Api di Sumatera (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Guna mempercepat pembangunan proyek infrastruktur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan siap memulai pembangunan proyek yang menjadi prioritasnya mulai 2015.

Jokowi menjelaskan, proyek pertama yang akan dibangun adalah proyek Trans Kereta Api (KA) di Sumatera siap dimulai pembangunannya pada Februari hingga Maret mendatang.

 

"Trans Tol di Sumatera juga awal tahun sudah akan kita mulai. Kita minta Bupati, Walikota, Gubernur terkait pembebasan lahan dibantu," kata dia saat acara Musrenbangnas dengan tema Pembangunan Berkualitas Menuju Bangsa Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Jokowi menambahkan, Trans KA dan proyek tol di Kalimantan juga akan dimulai tahun depan. Anggarannya akan dikombinasikan antara APBN dan swasta. "Karena sudah ada investor yang akan masuk ke sana," kata Jokowi.

Selain di Sumatera dan Kalimantan, proyek pembangunan proyek Trans KA di Sulawesi pun akan mulai tahun depan. Dirinya juga mendorong proses feasibility study (uji kelayakan) mengenai KA di Papua, yang ditargetkan enam bulan mendatang telah selesai.

"Sehingga pelaksanaan di lapangan sudah mulai. Karena konektivitas antar pulau untuk mengatur distribusi logistik," sebut Jokowi.

Menurutnya, selain berbagai proyek infrastruktur yang akan digenjotnya tahun depan, pembangunan karakter manusia yang menjadi kunci kesuksesan mega proyek tersebut juga perlu ditingkatkan.

"Sebab itu saya minta Walikota, Gubernur lakukan perbaikan mengubah pola pikir, revolusi karakter, serangan-serangan nilai baik pelanggaran birokrasi, masyarakat yang pola pikirnya lambat, dibangun sistem agar diubah menjadi cepat pelayanannya," tegas Jokowi

"Karena kalau program yang ada, jika tidak dibarengi pembangunan manusia yang baik akan terkendala," tandasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini