Dana Bansos Akan Disalurkan Lewat Perbankan

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 23 Desember 2014 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 23 20 1083077 dana-bansos-akan-disalurkan-lewat-perbankan-UcJ1Ovjf9L.jpg Dana Bansos Akan Disalurkan Lewat Perbankan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berencana menghapus dana bantuan sosial (bansos) yang selama ini tidak tepat sasaran. Nantinya bansos ini akan dialihkan kepada kelompok yang benar-benar yang membutuhkan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil belum dapat memastikan apakah dana bansos akan dialihkan ke Kartu Keluarga Sejahtera. Yang terpenting, adalah anggaran dana bansos ini mencapai sasaran lewat sistem perbankan sehingga orang yang mendapatkan dana bantuan itu benar-benar yang membutuhkan.

 

"Dana bansos itu yang mungkin akan kita gunakan kepada arah produktif. Misalnya ada perusahaan anak-anak muda yang mengembangkan IT, mereka belum punya modal, kita berikan dana. Itu tapi masih dalam bentuk dana bansos juga.

Kalau itu berhasil mereka bisa menjadi saham pemerintah," kata Sofyan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/12/2014).

Dengan penggunaan dana bansos ke arah produktif, akan menghapus stigma dana bansos yang selama ini disalurkan tidak tepat sasaran dan menjadi masalah penyalahgunaan akan digunakan dengan cara yang lebih baik.

"Teknisnya mungkin kita akan bicara lebih lanjut. Kita akan bicara segera tentang bagaimana teknisnya supaya lebih tepat sasaran karena itu adalah kepentingan kita semua," jelasnya.

Namun, dirinya berharap kebijakan penghapusan dana bansos ini akan dijalankan pada tahun depan.

"Karena dana bansos itu tidak jelas penggunaannya sehingga kita jelaskan. Dan kita harapkan lebih ke arah produktif. Kalau yang biasanya kita kasih ikan, sekarang kita kasih kail," tukasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengaku bahwa ada beberapa program Bantuan Sosial (Bansos) yang akan dihapus oleh pemerintah. Penghapusan tersebut tentunya kepada sektor yang tidak terlalu penting.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini