nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Program Hibah untuk Peningkatan Kualitas Jalan di RI

Jamilah, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 14:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 17 320 1992368 program-hibah-untuk-peningkatan-kualitas-jalan-di-ri-ltT0at2yGd.jpg Program Hibah Kementerian PUPR (Foto: PUPR)

JAKARTA - Pemerintah meluncurkan dua program hibah untuk meningkatkan kinerja dan pemeliharaan jalan, yakni Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) dan Provincial Road Improvement and Maintenace (PRIM).

Kedua program hibah ini bertujuan untuk membantu meningkatkan tata kelola dan kualitas pemeliharaan jaringan jalan daerah yang menjadi kewenangan masing-masing Pemerintah Daerah (Pemda) terutama pada koridor menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Baca Juga: BI Dorong Bantuan Sosial Disalurkan Nontunai

Seperti yang dilansir dari instagram Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (17/12/2018), perjanjian kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah penerima hibah dilakukan di Jakarta pada Rabu, 12 Desember 2018.

PHJD direncanakan akan berlangsung 5 tahun (2019-2023), yang nantinya akan mencangkup sampai 15 provinsi dan 29 kabupaten dengan usulan pendanaan dari APBN.

Kemudian PHJD juga bertujuan mendukung pemeliharaan jalan daerah mendukung pengembangan KSPN Tanjung Kelayang, Bromo-Tengger-Semeru, Wakatobi, dan Labuan Bajo.

Sebanyak empat provinsi yakni Provinsi Bangka Belitung, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Timur dan enam kabupaten yakni Kabupaten Belitung, Malang, Pasuruan, Lumajang, Wakatobi dan Manngarai Barat telah dipilih untuk mengikuti PHJD. Anggaran PHJD berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp500 miliar.

Baca Juga: 50 Perusahaan AS yang Beramal dengan Jumlah Besar

Mekanisme pencairan dana hibah yakni Pemda membiayai terlebih dahulu kegiatan fisik dan non fisik kemudian dana hibah dibayarkan ke Pemda jika hasil pekerjaan jalan memenuhi standar kualitas dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini