nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kilang TPPI Kembali Produksi Minyak Mentah

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 14 September 2015 12:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 09 14 19 1213702 kilang-tppi-kembali-produksi-minyak-mentah-VYw8O9V5Dw.jpg Ilustrasi minyak mentah. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) ditargetkan kembali beroperasi pada akhir September. Diharapkan kilang tersebut sudah mulai berproduksi pada Oktober untuk menunjang kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan berdasarkan hasil kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno yang didampingi oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi, kilang TPPI akan diarahkan menjadi gasoline mode untuk memproduksi BBM.

Pasalnya, saat ini gasoline porsi impornya masih sangat tinggi. Untuk itu, Pertamina juga diminta mengambil alih pengelolaan TPPI. Adapun kapasitas produksi awal dimulai pada level 20.000 barel per hari.

"Kapasitas produksi nantinya akan ditingkatkan menjadi sekitar 50.000-55.000 barel per hari. Dengan demikian, produksi BBM, utamanya gasoline dari kilang TPPI akan mendukung pasokan BBM nasional dan mengurangi impor secara signifikan," kata Wianda dalam keterangannya, Jakarta, Senin (14/9/2015).

Dia menambahkan, untuk feed stock Pertamina membutuhkan dukungan Pemerintah terkait dengan alokasi kondensat bagian negara untuk keperluan produksi TPPI. Menurut dia, pasokan kondensat diharapkan diperoleh dari produksi dalam negeri karena spesifikasinya sesuai dengan kondensat lokal.

"Tentu saja dukungan pemerintah tersebut sangat diperlukan agar TPPI dapat beroperasi normal kembali," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini