Share

Tax Ratio RI Lebih Rendah dari Malaysia dan Singapura

Hendra Kusuma, Okezone · Rabu 21 Oktober 2015 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 21 20 1235513 tax-ratio-ri-lebih-rendah-dari-malaysia-dan-singapura-4JABmwIQJq.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sigit Priadi Pramudito mengatakan tax ratio RI lebih rendah dari Malaysia dan Singapura.

Sigit menyebutkan, tax ratio RI baru 11 persen, sedangkan Malaysia sebesar 16 persen dan Singapura 18 persen. Tax ratio sendiri merupakan jumlah pemilik NPWP terhadap populasi yang masuk usia produktif.

"Artinya, kepatuhan kita membayar pajak rendah," kata Sigit di Gedung Bank BRI I, Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Sigit menuturkan, kepatuhan WNI yang masih rendah dalam membayar pajak bisa menjadi peluang untuk melakukan pembinaan pajak yang lebih baik.

"Padahal pajak digunakan untuk kesejahteraan, pemerataan pembangunan, infrastruktur, tapi kenyataannya mereka masih kurang sadar," tambahnya.

Sigit mengungkapkan, potensi pajak Indonesia masih bisa digenjot lagi. Dia menjelaskan, seharusnya tax ratio RI bisa tumbuh 15 persen dari posisi yang saat ini sebesar 11 persen.

"Itu yang coba kita kejar. Kenapa saya berani menambahkan 5 persen? Karena masih ada potensi itu, yang bisa dikeruk," tutupnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini