Share

Pengaruh Efek Domino Harga BBM Lebih Besar Bagi Lorena

Dhera Arizona Pratiwi, Okezone · Senin 07 Desember 2015 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 07 278 1262542 pengaruh-efek-domino-harga-bbm-lebih-besar-bagi-lorena-PSRPiaNPf5.jpg Ilustrasi SPBU milik Pertamina. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sepanjang 2015 beberapa kali mengalami kenaikan. Tentu saja hal ini membuat salah satu perusahaan moda transportasi, PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) mengalami kendala.

Managing Director Eka Sari Lorena Transport, Dwi Rianta Soerbakti, menjelaskan efek domino yang dirasakan tersebut bahkan melebihi kenaikan dari harga BBM itu sendiri. Dia mencontohkan, perseroan terkendala dengan adanya kenaikan harga suku cadang (spare part).

"Kenaikan-kenaikan dari harga spare part itu melebihi Rupiah kenaikan BBM itu sendiri. Jadi, menurut saya itu kendala terbesar yang membedakan 2015 ini adalah domino effect dari kenaikan BBM itu," ujarnya dalam IDX Channel, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Pasalnya, suku cadang (spare part) mayoritas didatangkan dari luar negeri. Oleh sebab itu, dia berharap adanya subsidi terhadap suku cadang (spare part) yang diberikan oleh pemerintah, mengingat itu belum diterapkan hingga saat ini.

"Kami selalu berharap terjadi yang namanya subsidi mengenai barang-barang spare part yang masuk dari luar negeri," jelas dia.

Menurutnya, ini dilakukan guna memudahkan perseroan dalam mengurangi biaya dan mampu memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggannya. Meski demikian, dia mengaku tidak hanya terpaku pemerintah pada untuk menurunkan harga BBM, namun justru lebih kepada efek dominonya.

"Kami juga tolong diberikan juga beberapa kebijakan yang bisa memudahkan kami untuk mengurangi biaya, sehingga dapat menjaga keuntungan. Dengan demikian, level of service yang diberikan kepada masyarakat juga bisa tetap kami sustain," pungkasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini