Share

Bersinggungan dengan Rute Pesawat dan Kereta, Lorena Alihkan Trayek Bus AKAP

ant, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 03 278 1727299 bersinggungan-dengan-rute-pesawat-dan-kereta-lorena-alihkan-trayek-bus-akap-IlwGXWYN5f.jpg (Foto: Lorena)

JAKARTA - Saat ini pemerintah sedang membangun jalan tol Trans Jawa untuk mengurangi kemacetan di jalan tol sehingga waktu tempuh Jakarta-Surabaya dapat dicapai hanya dengan 8 jam saja ketimbang 18 hingga 20 jam seperti sebelumnya.

“Hal ini memberi peluang bagi operator AKAP meskipun di sisi lain, pemerintah pun sedang mengkaji kereta api cepat sehingga memungkinkan bagi penumpang kereta api untuk tiba di Surabaya atau Jakarta hanya dalam tempo sekira 6 jam saja. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Perseroan telah dan terus akan merubah strategi bisnisnya,” kata Presiden Direktur PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) GT Soerbakti dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/7/2017).

Untuk itu, perseroan juga sudah mulai mengevaluasi trayek AKAP, di mana trayek-trayek yang bersinggungan langsung dengan moda transportasi udara dan kereta api sebagian sudah dialihkan ke trayek-trayek lain yang masih memiliki potensi untuk dikembangkan.

Strategi lainnya berupa perkuatan di rute jarak pendek termasuk menjajaki kemungkinan masuk di Jakarta Residence Connection dan Jakarta Airport Connection yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), selain memperkuat dan menambah jumlah armada bus di BRT (bus rapid transport) seperti TransJakarta.

Perseroan juga akan merubah business model dari layanan mass public transportation menjadi boutique mass transportation dengan mulai mengoperasikan armada bus Double Decker (bis tingkat) Mercedes-Benz OC 500 RF 2542.

Hal ini, kata dia, merupakan strategi Perseroan untuk menciptakan product and services differentiation yang signifikan dibandingkan para pesaing. Perseroan akan merubah secara berangsur-angsur, layanan dari kelas eksekutif menjadi kelas supereksekutif untuk meningkatkan tingkat pelayanan kepada para pelanggan.

Dari segi pemasaran, Perseroan terus memperkuat digital marketing and e-ticketing (online ticketing serta penjualan di Alfamart dan Indomaret). Perseroan juga memperkuat kerjasama dengan ESL Cargo & ESL Logistic sebagai mitra pendukung cargo and logistic.

“Melalui penjualan tiket ‘e-commerce’, cakupan wilayah pemasaran Perseroan tidak terbatas hanya di wilayah Indonesia saja, bahkan hingga ke luar negeri, sehingga para pelancong asing bisa merancang rencana perjalanannya selama di Indonesia,” ujar Soerbakti.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini