Share

Awalnya Toko Es Krim Pinggir UGM, Kini Adam Sukses Beromzet Rp100 Juta

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2015 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 15 320 1268132 awalnya-toko-es-krim-pinggir-ugm-kini-adam-sukses-beromzet-rp100-juta-grVR2fr3oG.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


YOGYAKARTA - Bisnis kuliner memang menjanjikan. Apalagi di Yogyakarta yang notabene gudangnya kalangan mahasiswa di Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Tak heran, kuliner menjamur di Kota Gudeg Yogyakarta ini.

Kalangan mahasiswa tak mau kehilangan kesempatan dalam usaha. Mereka bergelut dalam dunia kuliner karena cakupan pasar yang begitu luas, seperti yang dilakukan Adam Amrullah.

Alumnus Akuntansi UGM 2013 itu merintis usaha kuliner dengan bahan dasar kacang merah sebagai bahan utama beragam produknya. Anak kedua dari tiga saudara itu mengawali jualan es krim di Sunmor UGM dengan label Redbean Ice Cream pada Desember 2013, sebulan setelah lulus dari Kampus Biru UGM Yogyakarta.

"Awalnya saya jualan es krim saat masih ramai Sunmor UGM tiap hari minggu. Kala itu cukup banyak yang suka," kata Adam ditemui Okezone, Rabu (16/12/2015).

Es krim produknya diberi nama Green Tea Patbinsu. Nama Patbingsu kala itu cukup familier di kalangan anak muda, pelajar, dan mahasiswa. Bahan dari kacang merah yang diramu dengan aneka bahan lain seperti aneka buah, susu, dan keripik jagung cukup memanjakan lidah.

Seiring berjalannya waktu, pria yang masih lajang itu melihat kompetisi bisnis yang di gelar oleh sebuah produsen mobil. Adam mengikuti kompetisi itu dan berhasil menyisihkan ribuan peserta lainnya.

"Awalnya hanya modal nekat, buka bisnis kecil-kecilan. Saat ikuti kompetisi, saya masuk finalis. Diajari bagaimana membangun bisnis. Ibarat renang, langsung jebur air. Dari situ diajari supaya bisa mengambang, tidak tenggelam," jelasnya.

Dari kompetisi itu, dia bersama empat finalis lainnya, masing-masing mendapat hadiah uang untuk modal sebesar Rp50 juta dan sebuah mobil. Dari situ dia mulai melebarkan sayap usahanya.

"Sekarang ada dua tempat, dan produk kami tetap bahan dasarnya kacang merah, tak hanya minuman, seperti aneka es krim, tapi juga makanan," katanya.

Kedua tempat itu berada di Jalan Gambir 142a, Karanggayam (Deresan), Depok, Sleman, dan Jalan Monjali 106a, Mlati, Sleman. Sedikitnya ada 20 karyawan paruh waktu, karena semuanya dari kalangan mahasiswa.

Kedua tempat itu diberi nama Minke Desserts Bar, yang buka dari pukul 10.00 pagi hingga 22.00 WIB. Menu yang disajikan merupakan kolaborasi beragam makanan yang tentunya diciptakan sendiri.

"Kalau omzet sebulan dari dua tempat itu sekitar Rp 90-100 juta," ujar Director of awesome Minke Desserts Bar tersebut.

Adam menyebut semua produknya berkualitas, sehat, dan tentu memanjakan lidah. Ada es Green Tea Patbingsu, Mango Shaved Ice, Apple Puff, Matcha Crepes, dan lain sebagainya. Bahan dasar diperolah dari pasar-pasar tradisional di Yogyakarta.

"Kedepan saya ingin buka franchise, cukup Rp50 juta," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini