Share

Presiden Jokowi Janji Seluruh Kabupaten di Papua Terhubung di 2018

Dani Jumadil Akhir, Okezone · Kamis 31 Desember 2015 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 31 320 1278358 presiden-jokowi-janji-seluruh-kabupaten-di-papua-terhubung-di-2018-ZmhTma2ktz.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


PAPUA - Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan di wilayah Desa Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua. Jalan inilah yang akan menghubungkan Nduga dan Wamena. Kabupaten Nduga sendiri termasuk kabupaten zona merah atau kabupaten yang masih belum stabil kondisi keamanannya.

Salah satu upaya agar Kabupaten Nduga stabil tingkat keamanannya adalah dengan menjadikan wilayah ini tidak terisolasi. "Membuka jalan, jalan-jalan harus tembus semuanya. Distribusi barang harus masuk dan harga pasti jauh lebih murah," kata Presiden, Kamis (31/12/2015).

Presiden menjelaskan bahwa pendekatan yang dilakukan untuk menstabilkan keamanan suatu wilayah, dapat juga dilakukan melalui pendekatan pembangunan dan pendekatan kesejahteraan, tidak melulu melalui pendekatan keamanan.

Tahun 2016, Presiden menargetkan jalan dari Wamena ke Nduga harus sudah tembus. Pengerjaan jalan ini dikerjakan oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, serta TNI. Tahun 2018, lanjut Presiden, seluruh kabupaten yang ada di Papua harus tembus.

Di wilayah Nduga ini akan dibuka pelabuhan besar Mumugu. Dengan dibukanya pelabuhan besar ini, maka logistik dan material dari dan ke Mumugu ini akan didistribusikan menggunakan jalur darat yang telah menembus semua kabupaten di Papua. "Nanti dilihat harga barang berapa, setelah jalan tembus. Harga pasti akan turun," ujar Presiden.

Perjalanan Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan dari Wamena menuju Desa Kenyam, Kabupaten Nduga ditempuh selama 2 jam dengan berganti moda transportasi dari Hercules VVIP A 1314 dan Heli Super Puma TNI AU.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini