nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Rumah Raden Saleh Gunakan 'Ilmu Ketukangan' Saat Dibangun

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Selasa 26 April 2016 19:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 26 470 1373314 unik-rumah-raden-saleh-gunakan-ilmu-ketukangan-saat-dibangun-4daoEhQq5A.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Meski mulai tergerus waktu dan zaman secara fisik, namun keunikan yang terjadi di Rumah Raden Saleh tidak lenyap begitu saja.

Arsitek dari Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA) yang melakukan penelitian, pendokumentasian, dan inventarisasi terhadap bangunan tua Rumah Raden Saleh menemukan salah satu keunikan yang terjadi, bahwa pada saat merancang bangunan, Raden Saleh diyakini tidak mendesainnya secara detail. (Baca juga: Mengintip Rumah Raden Saleh yang Kini Memprihatinkan)

Menurut Team Leader dari PDA, Arya Abieta, yang dimaksud tidak mendetail adalah gambar rancangan lebih kepada prinsip-prinsip bentuknya. Hal itu membuat bangunan ini dapat disebut sebagai bangunan ketukangan karena tidak menggunakan ilmu kearsitekturan sepenuhnya.

"Misalnya bagian ini mau dijadikan seperti apa, itu terlihat, karena memang bangunan ini tidak di desain 'A to Z' seperti para arsitek zaman sekarang, lebih kepada prinsipnya saja, itu yang dimaksud ketukangan," tutur Arya, di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Dia menunjukkan, hal tersebut terlihat atap bangunan yang secara arsitektur sulit dipertemukan karena memiliki tiga bagian yang terpisah. Selain itu juga ditemui pada bagian dinding ruangan yang hampir seluruhnya tidak siku.

"Iya jadi ruangan itu tidak betul-betul kotak, terus juga dari pondasi yang tampak punya dimensi yang beda, jadi tidak rata karena tanahnya dulu tidak rata, dan bahan yang dipakai juga itu batu karang saya tidak tahu itu dapat dari mana karena laut juga jauh dari sini," ucapnya. (Baca juga: Pemugaran Rumah Raden Saleh Tanpa Ubah Struktur Asli)

 

Arya menambahkan, rumah yang dirancang Raden Saleh sendiri ini tampak merepresentasikan keinginan sang seniman. "Jadi ya inilah inginnya dia, terasa betul," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini