nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangunan Tinggi di Dekat Rumah Raden Saleh Ganggu Konservasi

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Selasa 26 April 2016 19:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 26 470 1373320 bangunan-tinggi-di-dekat-rumah-raden-saleh-ganggu-konservasi-Zyhd4srh35.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pelestarian bangunan bersejarah dan bangunan tua di Jakarta menjadi pekerjaan rumah tersendiri yang harus diperhatikan oleh pemerintah.

Pasalnya bangunan-bangunan tersebut jika dibiarkan akan terhempas oleh pembangunan gedung-gedung pencakar langit. (Baca juga: Pemugaran Rumah Raden Saleh Tanpa Ubah Struktur Asli)

Tidak terkecuali Rumah Raden Saleh yang tampak memiliki jarak tidak terlalu jauh dengan pembangunan sebuah apartemen.

Team Leader Pendokumentasian dan Penelitian Rumah Raden Saleh dari Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA) Arya Abieta mengatakan, gedung-gedung tinggi tersebut memiliki potensi untuk menghambat konservasi yang akan dilakukan pada Rumah Raden Saleh.

"Saya tidak bisa bilang iya dan tidak bisa bilang tidak juga, tapi memang kalau dilihat kemungkinan mengganggu sangat ada," ujar Arya, di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Arya mengaku, akibat banyaknya pembangunan itu akan mengakibatkan tanah mengalami ketidakstabilan. "Tapi saya berharap tidak di sini (Rumah Raden Saleh)," tuturnya. (Baca juga: PDA Minta Rumah Raden Saleh Bisa Diakses Masyarakat Luas)

Dia menambahkan, hal itu dikarenakan setiap bangunan tinggi memiliki basement untuk area parkir yang cukup dalam, jika tidak direncanakan dengan baik, hal tersebut bakal membuat masalah pada struktur tanah.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini