Share

Begini Mekanisme Pendaftaran Tax Amnesty

Dedy Afrianto, Okezone · Jum'at 17 Juni 2016 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 17 320 1418353 begini-mekanisme-pendaftaran-tax-amnesty-0x7bcCbVrg.jpg Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Dedy/Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro telah menyiapkan mekanisme pendaftaran khusus untuk pengusaha yang tertarik mengikuti program pengampunan pajak. Menurut Bambang, nantinya pendaftaran ini akan menggunakan prinsip self assesment seperti pelaporan SPT Pajak.

Nantinya, pemerintah tidak akan melakukan pengecekan validasi aset. Pemerintah pun mempercayakan sepenuhnya data yang diberikan kepada pengusaha.

"Tidak dilakukan pengecekan validitas aset. Yang dilakukan pengecekan hanya dokumen yang lengkap atau hitungan sudah benar. Misalnya mau repatriasi sekian, deklarasi sekian, kemudian dihitung uang tebus dibayar," kata Bambang di Kantor Pusat Apindo, Jakarta, Jumat (17/6/2016).

[Baca juga: Promosi Tax Amnesty, Menkeu Banyak Dapat Pelajaran]

Pemerintah nantinya akan menyiapkan kantor khusus untuk pendaftaran tax amnesty. Namun, dalam proses pendaftaran, pengusaha perlu melampirkan beberapa data pendukung.

"Beberapa jenis aset perlu ada lampiran dokumen pendukung seperti utang, rekening bank dan bukti kepemilikan di perusahaan," imbuh Bambang.

Untuk repatriasi, proses yang ditetapkan pun sama dengan pendaftaran tax amnesty. Hanya saja, repatriasi dapat dilakukan beberapa bulan setelah pengusaha melakukan pendaftaran.

"Masih boleh dilakukan sampai akhir masanya berdasarkan undang-undang," tutupnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini