Share

Indonesia Ditargetkan Jadi Hub Logistik Asia Pasifik

Dedy Afrianto, Okezone · Rabu 19 Oktober 2016 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 19 320 1518992 indonesia-ditargetkan-jadi-hub-logistik-asia-pasifik-plldXkGKcM.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah mengencangkan Pusat Logistik Berikat (PLB) pada berbagai daerah di Indonesia. Hingga akhir tahun, terdapat sekira 35 PLB yang akan dikembangkan.

Pemerintah pun menginginkan bahwa hal ini nantinya dapat mengangkat posisi Indonesia dalam sistem logistik internasional. Hanya saja, menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian, target ini hanya akan tercapai apabila pembangunan infrastuktur logistik tercapai.

"Memang itu juga dipengaruhi seberapa cepat kita membangun infrastruktur kalau ingin punya hub untuk Asia Pasifik," ujarnya di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Saat ini, Indonesia telah memiliki beberapa PLB yang dapat menjadi unggulan. PLB ini tersebar dari Sumatera hingga Papua.

"Kita punya Kuala Tanjung di Barat, kita punya Bitung atau Sorong di Timur. Di tengah ada yang namanya Pelabuhan Patimban. Sebetulnya sudah mulai ada," tutur Darmin.

Hanya saja, ketersediaan infrastuktur ini masih dianggap minim. Untuk dapat menjadi Pusat Logistik Berikat di Asia Pasifik, maka Indonesia perlu mengembangkan sistem hingga infrastuktur PBL pada berbagai kawasan di Indonesia.

"Makanya ini harus terus kita kembangkan," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini