Share

Manfaatkan Media Sosial dalam Bisnis Demi Bangun Brand Terkenal

Rabu 16 November 2016 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 16 320 1543309 manfaatkan-media-sosial-dalam-bisnis-demi-bangun-brand-terkenal-RvjBWfZmeh.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam membangun brand yang dapat dikenal secara luas, tentu tidak mudah. Hanya saja, dengan memanfaatkan peran media sosial, hal tersebut dapat dilakukan. Sebagai contoh, brand seperti Starbucks yang hanya menjual kopi dapat dikenal di seluruh dunia dengan memanfaatkan peran media sosial.

Chairman and President South East Asia DM-IDHolland Daniel Surya berpendapat, kekuatan social network terhadap suatu brand ini disebabkan beberapa faktor.

Pertama, kebutuhan social networking, termasuk kebutuhan dasar manusia. Pada dasarnya manusia memang sudah terkonfigurasi secara biologis untuk bersosialisasi, di mana manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri.

Kedua, penyebaran yang mudah dan cepat pada social networking membuat jejaring sosial ini menjadi penggerak utama dalam membangun sebuah brand. Social media mengusung kombinasi antara ruang lingkup dunia maya, dalam produk layanan online seperti blog, forum diskusi, electronic mail (email), website. Semua yang dikomunikasikan di dalamnya memberikan efek ”power” tersendiri.

Sebab, basis pembangunannya berupa teknologi dan juga ”berbagai media interaksi” yang dikomunikasikan dengan teks, gambar, foto, serta audio dan video tanpa harus dibatasi jarak untuk mendapatkan informasinya secara langsung. Akhirnya, membangun sebuah brand yang kuat memang bukan semata-mata melalui jejaring sosial. Brand tersebut harus memiliki diferensiasi tersendiri mengingat ketatnya persaingan pada saat ini.

Membangun diferensiasi tersebut harus dilakukan dengan menemukan esensi atau jiwa dari suatu brand. Dengan demikian, dapat diaplikasikan dan diterjemahkan kepada visualnya lewat cara yang menarik. Selanjutnya, diterjemahkan dan disalurkan melalui situs jejaring sosial (sebagai tool) yang dapat mempercepat dan mempermudah jalur pemasaran suatu brand.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini