Manfaatkan Media Sosial dalam Bisnis Kuliner, Berpotensi Laris Manis

Rabu 16 November 2016 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 16 320 1543311 manfaatkan-media-sosial-dalam-bisnis-kuliner-berpotensi-laris-manis-09e98zD24Y.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tak kenal maka tak sayang, perumpanan yang masih dilontarkan hingga saat ini. Namun, dengan adanya media sosial, untuk mencari suatu informasi cukup mudah. Tidak hanya itu, kekuataan media sosial mampu membangun sebuah brand baru.

Chairman and President South East Asia DM-IDHolland Daniel Surya mengatakan, bisa dikatakan bahwa sekarang ini adalah eranya sosial media. Manusia sebagai makhluk sosial sudah memiliki medium yang begitu luas dalam sarana bertukar informasi.

Kita terhubung dengan orang lain baik yang kita kenal ataupun tidak pada dunia maya. Twitter, Facebook, Path, Instagram, Pinterest,dan Flickr adalah beberapa media populer yang sering kita pakai untuk saling bertukar foto dan informasi.

Sosial media menjadi sarana penyebaran informasi, tren, hingga lifestyle. Contoh paling sederhana, sekarang ini sudah sangat lumrah kita temukan orang-orang menjepret makanannya terlebih dahulu sebelum dimakan, lalu mengunduhnya ke sosial media seperti Instagram. Dan bagi orang lain yang tergiur melihat tampilan makanan pada foto, mereka akan tergerak untuk datang dan mencoba makanan di restoran tersebut.

Sama halnya dengan tempat wisata. Pada saat hendak berlibur atau mengunjungi tempat wisata, kita sering browsing dulu di dunia maya. Media sosial membuat manusia bebas berinteraksi namun sekaligus lebih mandiri. Sudah bukan zamannya lagi bersikap pasif dan menerima informasi satu arah dari iklan atau brosur pariwisata, sekarang kita bisa ikut aktif dan membentuk opini serta mempengaruhi orang dalam menentukan destinasi liburan. Tidak jarang foto-foto pada sosial media ataupun review dari travel blogs sangat mempengaruhi dalam pengambilan keputusan berlibur.

Begitu pula dengan word of mouth berupa review dari orang-orang yang pernah datang dan mengunjungi suatu destinasi liburan ikut memberi andil. Dari sini dapat kita lihat bahwa sosial media sebenarnya merupakan salah satu instrumen yang sangat berpotensi dalam menyukseskan kampanye destination brand sebuah lokasi ataupun negara. Ada beberapa contoh menarik yang dapat kita lihat. Yang pertama adalah negeri tetangga kita, Singapura, yang dengan cerdas memanfaatkan kekuatan sosial media pada destination brand-nya Your Singapore.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini