Image

2016, Freeport dan Newmont Penyumbang Terbesar Bea Keluar

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2017, 20:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 12 20 1590157 2016-freeport-dan-newmont-penyumbang-terbesar-bea-keluar-tmwMN67t7F.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - PT Freeport Indonesia ternyata memiliki kontribusi besar pada penerimaan negara. Melalui Ditjen Bea Cukai, Freeport menyetor bea keluar sebesar Rp1,23 triliun atau sekira 42% dari keseluruhan penerimaan bea keluar.

Sekadar informasi saja, sepanjang 2016 bea keluar tembus Rp2,9 triliun. Sekira Rp2,5 triliun berasal dari bea keluar ekspor minerba.

Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan, Freeport dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), nama baru PT Newmont Nusa Tenggara adalah dua penyetor terbesar pada bea keluar.

"Untuk keduanya sekitar Rp2,5 triliun, dari Freeport Rp1,23 triliun dan Amman (Newmont) Rp1,25 triliun," kata dia di Kementerian Keuangan, Kamis (12/1/2017)

Untuk proyeksi setoran dua perusahaan raksasa bidang minerba ini, Heru masih menanti kebijakan pemerintah. Pasalnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan aturan terkait ketentuan bea keluar ekspor konsentrat mineral tambang oleh pengusaha tambang di bawah Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Heru Pambudi menjelaskan, hari ini merupakan batas akhir berlakunya kelonggaran ekspor konsentrat bagi pemegang Kontrak Karya (KK). Heru mengatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti keputusan Presiden Jokowi dan akan segera mengumumkan mekanisme lanjutan terkait bea keluar ekspor konsentrat mineral tambang

"Kita menunggu kebijakan pemerintah apakah tetap diperbolehkan atau tidak lagi, tentunya akan kami hitung. Kita akan sesuaikan, nanti kita coba rapatkan dengan ini," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini