Pengusaha Indonesia Siap Ekspansi ke Pasar ASEAN

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 03 Februari 2017 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 03 320 1608335 pengusaha-indonesia-siap-ekspansi-ke-pasar-asean-ixHVkJvoSd.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat telah memberikan ketidakpastian dari pengusaha berbagai negara. Salah satunya adalah kebijakan tentang proteksi ekonomi.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, Indonesia memiliki berbagai potensi untuk dimanfaatkan sebagai senjata dalam menghadapi ketidakpastian ini. Di antaranya adalah pemanfaatan sektor pariwisata dan keindahan alam Indonesia.

Terdapat beberapa pasar yang dapat dilirik oleh Indonesia. Salah satunya adalah pasar di Asia Tenggara yang dianggap memiliki potensi yang amat besar bagi Indonesia.

"Indonesia itu agak unik karena terbesar pertumbuhan ekonomi dari konsumsi.

Kita harus serius garap pasar ASEAN dan domestik. Jadi pasar ASEAN itu lebih mudah dijangkau dari Indonesia," tuturnya di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Namun, Indonesia saat ini juga memiliki banyak persoalan yang harus dihadapi. Di antaranya adalah masih cukup tingginya suku bunga kredit hingga tantangan dalam perdagangan bebas. Untuk itu, pemerintah dinilai harus berhati-hati dalam menjalankan berbagai kebijakan.

"Belum lagi penyerapan tenaga kerja. Belum lagi kita moratorium pengiriman TKI ke Timur Tengah. Jadi kita harus menghormati konsep perdagangan terbuka dan kalau sungguh-sungguh maka kita akan berhasil," imbuhnya.

Dengan memanfaatkan pasar Asia Tenggara, diharapkan Indonesia dapat semakin produktif. Indonesia pun dapat melakukan substitusi impor untuk mendukung perkembangan produksi dalam negeri.

"Kita sangat bisa membalikkan keadaan ini kalau kita dorong substitusi impor. Misalnya gandum harus dicari juga gandum itu substitusi impor. Kita juga punya ruang yang sangat besar," tutupnya. (dng)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini