12 Poin Penting Pidato Presiden Trump di Bidang Ekonomi

Tim Ekonomi Okezone, Jurnalis · Rabu 01 Maret 2017 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 01 320 1631233 12-poin-penting-pidato-presiden-trump-di-bidang-ekonomi-vvNr99AimE.jpg Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters)

JAKARTA – Hari ini Presiden Amerika Serikat Donald John Trump membacakan pidato perdananya. Tidak hanya warga AS yang menantikan pidato tersebut, namun juga seluruh warga dunia. Pasalnya, pidato ini menentukan arah kebijakan yang akan ditempuh kabinet Trump.

Dalam pidato Trump, terdapat 18 segmen yang disampaikan. Dari pidato tersebut, ada 12 poin penting di bidang ekonomi yang menjadi perhatian publik dunia. Berikut ini rinciannya, seperti dirangkum Okezone, Rabu (1/3/2017) waktu Indonesia.

1. National Rebuilding

Mantan Presiden Barack Obama sebelumnya telah memperkenalkan program baru yaitu National Rebuilding. Program ini untuk kembali membangun infrastruktur di Negeri Paman Sam.

2. Total Pembiayaan Infrastruktur USD1 Triliun

Presiden Trump meminta agar kongres menyetujui anggaran infrastruktur sebesar USD1 triliun.

3. Tingkat Kemiskinan

Lebih dari 43 juta warga AS kini hidup dalam kemiskinan.

4. Angka Pengangguran

Diketahui satu dari lima orang tidak bekerja.

5. Pemulihan Ekonomi

Trump akui memiliki pemulihan keuangan terburuk dalam 65 tahun.

6. Utang Bertambah

Sejak 8 tahun terakhir, administrasi masa lalu (era Obama) telah memberikan utang baru dari hampir semua utang presiden lainnya jika digabungkan. Hingga akhir 2016, utang menyentuh angka USD800 miliar.

7. Nafta

AS telah kehilangan lebih dari seperempat dari total pekerjaan manufaktur sejak NAFTA disetujui. AS juga kehilangan 60.000 pabrik sejak China bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada 2001.

8. Investor Tumbuh

Trump mengatakan, beberapa perusahaan berniat melakukan investasi hingga miliaran dolar di AS. Beberapa perusahaan tersebut yakni Ford, Fiat Chrysler, General Motors, Sprint, Softbank, Locjhead, dan Wal Mart.

9. Fair Trade

Trump sangat percaya dalam perdagangan bebas, tetapi juga harus fair trade. Sudah lama sejak kami memiliki perdagangan yang adil.

10. Dana Infrastruktur USD1 Triliun

Trump membutuhkan sekira USD1 triliun untuk pembangunan infrastruktur di AS.

11. Presiden Trump

Presiden Trump tengah mengkaji untuk melakukan pemangkasan pajak. Pemangkasan pajak ini tengah dimatangkan oleh tim ekonomi Trump. "Tim ekonomi saya sedang mengkaji tax free," kata Trump dalam pidato di hadapan Kongres AS pada hari ini.

12. Lapangan Pekerjaan

Trump berjanji membawa kembali jutaan pekerjaan. Melindungi pekerja AS yang artinya mereformasi sistem imigrasi hukum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini