Image

Trump Janji Hapus Utang Amerika dalam 8 Tahun

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2017, 09:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 15 20 1643061 trump-janji-hapus-utang-amerika-dalam-8-tahun-vKGIEtB8H0.jpg Presiden AS Donald Trump (Foto: AFP)

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berjanji akan menghapuskan utang AS selama delapan tahun.

Janji Trump ini mungkin yang paling berani di antara presiden AS lainnya, mengingat AS belum bebas utang sejak 1835.

Tercatat, utang pada saat itu lebih dari USD19 triliun dan meningkat. Trump memperkirakan penghapusan utang bisa terealisasi, meskipun dia memahami negara Paman Sam menuju resesi yang sangat besar.

Janji Trump ini terlontar pada April lalu, ketika calon presiden dari Partai Republik Donald Trump makan siang di pembangunan hotel barunya yang terletak lima blok dari Gedung Putih. Kala Itu dia mengatakan kepada Washington Post akan menyingkirkan utang nasional selama delapan tahun.

Sekarang Trump sudah menduduki Gedung Putih dan Trump memiliki kesempatan untuk menepati janjinya menghapus utang nasional dalam delapan tahun.

Saat ini masih menunggu bukti dari Trump untuk terus melakukan pengurangan utang.

Namun, pertanyaan sebenarnya adalah berapa banyak utang yang juga akan meningkat selama dirinya menduduki di Gedung Putih?

Berdasarkan apa yang kita ketahui dari penerimaan pajak dan anggaran belanja, tampaknya cenderung tumbuh lebih cepat di bawah Trump daripada itu diproyeksikan akan meningkat sebelum ia menjabat.

Trump ingin memangkas pajak penghasilan pribadi dan perusahaan, menghilangkan pungutan Obamacare, meningkatkan anggaran pertahanan, membangun dinding perbatasan, memperbaharui infrastruktur, dan melindungi Jaminan Sosial dan Medicare dari luka.

Apa yang Trump lakukan melakukan pemotongan anggaran di Badan Perlindungan Lingkungan, tidak akan terlalu hemat banyak anggaran.

"Presiden Trump mewarisi situasi yang sangat buruk. Tetapi untuk membuat situasi lebih buruk, satu-satunya alasan adalah kita tidak ingin melakukan kerja keras dari anggaran yang nyata, " kata Presiden Komite Bipartisan Maya MacGuineas.

Trump menolak gagasan bahwa menyeimbangkan anggaran membutuhkan pilihan yang menyakitkan.

Dia mencari solusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, yang akan memungkinkan untuk memotong tarif pajak dan masih meningkatkan pendapatan.

Pada bulan September kampanye Trump-Pence mengeluarkan lembar fakta mengatakan program akan konservatif mendorong pertumbuhan menjadi 3,5 persen per tahun rata-rata. Dalam sebuah debat Oktober, Trump mengatakan, "Saya pikir Anda bisa pergi ke 5% atau 6%."

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini