Bangunan Ini Gunakan Lift Tertua di Indonesia

Rudi Hermansyah, Jurnalis · Senin 22 Mei 2017 20:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 22 470 1697347 bangunan-ini-gunakan-lift-tertua-di-indonesia-HpskYZDz8M.jpg Foto: Pemkotmedan

MEDAN - Kota Tua Kesawan di Medan, Sumatra Utara menyisakan banyak sejarah salah satunya lift pertama di sumatra yang berada di gedung perkantoran London Sumatra, Lonsum di jalan Ahmad Yani Medan. Pada gedung ini, lift pertama kali diperkenalkan dan masih difungsikan secara manual.

Lift atau elevator pertama di pulau Sumatra ini mulai dioperasikan 1906, bersamaan dengan lahirnya Ratu Juliana Royal Dutch Family. Peninggalan dan wisata sejarah terlihat dari bentuk gevel, mengadoptasi gaya arsitektur transisi rumah di Eropa pada akhir abad ke-19. Walau telah difungsikan lebih dari satu abad, elevator generasi pertama ini belum pernah dimodifikasi.

"Biaya perawatan lift antik ini lebih ringan dibandingkan elevator modern, jika terjadi kerusakan teknis, harus mengakalinya, karena suku cadang perbaikan harus ditempa sendiri, " pungkas Manajer Sarana dan Fasilitas Lonsum Usman.

Uniknya lift berbentuk bujur sangkar dengan sentuhan art deco ini tidak dilapisi dinding atau kaca layaknya lift modern, pengamannya jeruji besi hitam, serta kayu tebal lengkap dengan lampu di bagian atas. Pintu lift masih terbuat dari rangkaian besi di atas roda laher, itu pun harus dibuka tutup oleh operator khusus. Sang operator lift mengaku sudah 20 tahun bekerja sebagai operator lift, selain itu Ia juga bahagia bekerja sebagai operator lift karena bisa berbaur langsung dengan para karyawan.

Naik dan turunnya lift bukan diatur tombol, melainkan tuas sederhana yang dikemudikan operator. Jangan kaget, lift bisa berhenti tanpa menyesuaikan lantai pemberhentian. Jadi bisa saja posisi jarak lift dengan lantai saat berhenti lebih tinggi atau rendah. Saat lift melaju, kumparan generator penggerak lift terlihat berputar, posisinya di lantai dasar.

Sang operator lift, Prajito mengaku sudah 20 tahun bekerja sebagai operator lift, selain itu Ia juga bahagia bekerja sebagai operator lift karena bisa berbaur langsung dengan para karyawan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini