nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apple Orchard di Singapura Jadi Bangunan Terhijau di Dunia

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 10 Juni 2017 05:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 09 470 1711965 apple-orchard-di-singapura-jadi-bangunan-terhijau-di-dunia-zebmJecVDL.jpg Foto: architecturedigest

JAKARTA - Apple Orchard Road adalah Apple flagship pertama di Singapura yang menyoroti perannya sebagai pusat kreativitas global. Desainnya mencerminkan semangat inovatif dari negara yang memiliki ciri utama Patung Merlion tersebut. Apple Orchard Road juga memungkinkan Singapura menjadi pusat kreatif baru.

Dilansir ArchitecturalDiggest, proyek ini adalah contoh lain dari kolaborasi erat antara Foster + Partners dan tim perancang di Apple yang dipimpin oleh kepala perancang Sir Jonathan Ive dan wakil presiden senior Retail and Online Stores Angela Ahrendts.

Terletak di sepanjang jalan yang dilalui pepohonan, Orchard Road, kantor Apple ini dibangun untuk menciptakan fokus sosial baru. Namun di sisi lain, bangunan ini juga ramah dengan alam. Dengan begitu, secara tidak langsung desainnya mengaburkan batas antara bagian dalam dan luar ruangan.

Areanya mencakup trotoar lebar di depan toko, membentuk ruang publik baru dengan delapan pohon besar yang menciptakan 'taman hijau' yang teduh. Area tersebut juga dapat digunakan sebagai tempat pertemuan alami di tengah lingkungan perkotaan yang padat.

Kanopi-kanopi tipis dan putih berkelok-kelok sepanjang 7,6 meter, menjadi daya tarik pengunjung untuk melihat interior. Kanopi ini juga berfungsi sebagai tempat berlindung dari matahari mengingat Singapura beriklim tropis seperti Indonesia.

"Ini adalah salah satu ruang Apple terhijau kami. Meski tidak hanya semua energi berasal dari sumber yang terbarukan, namun dipenuhi oleh pepohonan yang rimbun," ujar Kepala Studio, Foster + Partners, Stefan Behling.

Dengan tanaman hijau yang memenuhi toko dari mezzanine hingga lantai dasar dan menuju Orchard Road, maka tercipta lingkungan yang paling ramah. Dinding batu besar ke kedua sisi interior menampilkan dua tangga melengkung yang spektakuler. Pasalnya, ini diukir dengan tangan perajin Italia dari batu Castilian. Dinding tersebut juga menyediakan buku-buku indah dan memberi ruang besar, yang menjadi sebuah penghormatan terhadap keahlian dan materialitas.

Tangga dengan mudah mengalir ke lantai mezzanine dengan pegangan tangan terpadu yang memiliki sentuhan halus. Lantai mezzanine ini merangkum Genius Grove terbesar di dunia dengan 12 pohon Ficus Ali, yang tidak hanya estetis secara visual, namun merangsang semua indra manusia.

Dalam hal ini, jenis pohon tersebut diharapkan dapat memperkaya suhu, bau, dan kualitas aura ruang sehingga menciptakan ketenangan di bagian tersibuk dari toko.

Ruang ini dilengkapi dengan layar video Apple yang terbesar di dunia dan menjadi tempat berkumpul para Creative Pro dan ahli fotografi, musik, pengembang aplikasi dan seni. Diharapkan, ruangan tersebut dapat mendidik, menginspirasi, dan menghibur konsumen serta pengusaha lokal.

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini