Share

Kemenkeu Tambah 4.000 Pegawai di 2018, Paling Banyak untuk Ditjen Pajak

Lidya Julita Sembiring, Okezone · Rabu 14 Juni 2017 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 14 20 1716062 kemenkeu-tambah-4-000-pegawai-di-2018-paling-banyak-untuk-ditjen-pajak-73drzIdatk.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI memaparkan alokasi anggaran terbesar akan diberikan ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. Pasalnya dari usulan anggaran Kementerian Kenaungan sebesar Rp45,72 triliun akan dialokasikan sebesar Rp6,82 triliun ke Ditjen Pajak.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto mengatakan, dana tersebut untuk peningkatan dan perbaikan layanan pajak. Diantaranya dari 4.000 pegawai baru tambahan Kemenkeu, 50% akan dipekerjakan di Ditjen Pajak sehingga membutuhkan dana alokasi yang besar.

"Kira-kira lebih dari 2.000 orang (untuk Ditjen Pajak). Akan efektif di 2018," ungkapnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Menurutnya, penambahan 4.000 pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan karena organisasi yang berkembang dan tuntutan pelaksanaan tugas yang semakin meningkat. Selain itu, target penerimaan pajak PNBP juga meningkat dan banyak yang diperlukan dari SDM.

"STP tahunam juga ada pegawai pensiun, jadi mengisi pensiun dan menambah kekurangan pegawai karena ada beban kerja yang luar biasa," jelasnya.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Bea Cukai akan menerima paling banyak kedua dari jumlah pegawai baru di 2018. Namun untuk jumlah pastinya ia belum mengetahui secara pasti.

Sebelumnya, Menkeu mengatakan alokasi dana Rp6,82 triliun ke Ditjen Pajak akan digunakan untuk perluasan dukungan dan pemberian data dan informasi perpajakan dari pihak lain, mitra pajak atas tax agent, join program dengan bea cukai, dan bussiness dev service.

Selain itu juga untuk whistle blowing system, implementasi e-learning DJPP, pembentukan KPP mikro, perbaikan medsos, AEoI, Pembangunan dan pengawasan data secara online. Serta penerapanan aplikasi sistem manajamen data keuangan dan pengembangan HR information system.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini