nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada! Ikan Berformalin Masih Beredar Jelang Lebaran

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 12:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 23 320 1723354 waspada-ikan-berformalin-masih-beredar-jelang-lebaran-BFlIeYDL8a.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

KULONPROGO – Tiga hari menjelang Idul Fitri, peredaran ikan asin berformalin masih ada. Satpol PP bersama petugas yang melakukan pantauan peredaran barang masih menemukan ikan asin teri dan ikan blebekan.

“Kami sita setelah dari uji tes kandungan formalinnya cukup tinggi,” ujar Kepala Seksi Bina Usaha Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo Leli Marwati, kemarin.

Dalam razia kemarin, petugas mengambil 25 sampel ikan asin berformalin. Melalui rapid test formalin diketahui, kandungan bahan pengawet tersebut mencapai 20 ppm.

Temuan ini kemudian langsung disita, untuk selanjutnya dimusnah - kan, agar tidak diperjualbelikan. Menurutnya, para pedagang tidak mengetahui jika ikan yang mereka jual tersebut mengandung formalin. Sidak yang dilakukan di sejumlah pasar ini merupakan kegiatan rutin. Tujuannya, melindungi konsumen dari bahan makanan mengandung zat kimia berbahaya, serta makanan kedaluwarsa, yang masih dijual di pasaran.

Pelaku pemasok makanan mengandung zat berbahaya ini, terancam sanksi sesuai Undang-Undang No8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang No18/ 2012 tentang Pangan. ”Sebenarnya sudah rutin dirazia, tetapi masih ada menjelang Lebaran,” ujarnya.

Pedagang sendiri tidak tahu-menahu jika ikan yang dijual mengandung formalin. Ikan itu dibeli dari pedagang yang ada di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. “Kami tidak tahu kalau itu ada kandungan formalinnya,” ujarnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini