nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hore! KAI Siap Dukung Jalur Kereta Api ke Danau Toba

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 13 Juli 2017 20:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 13 320 1735834 hore-kai-siap-dukung-jalur-kereta-api-ke-danau-toba-PiCLM1vUpD.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menilai jalur kereta di wilayah Sumatera Utara atau tepatnya dari Medan sampai Parapat, Simalungun memiliki nilai keekonomian. Untuk itu, KAI siap mendukung rencana pengembangan jalur kereta yang akan menghubungkan ke destinasi wisata Danau Toba tersebut.

Asal tahu saja, investor asal China menyatakan minatnya untuk mengembangkan jalur kereta api Medan menuju Danau Toba. Rencana tersebut bahkan sudah disampaikan langsung kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengaku bahwa belum mendengar adanya pengembangan jalur kereta di wilayah Medan. Namun begitu, dia sangat mendukung pengembangan jalur kereta tersebut.

"Bagus-bagus itu dari arah Kualanamu masuk ke arah Sekabu nanti itu pertigaan langsung masuk ke Medan. Rel itu akan ke Siantar, di situ nanti berhenti. Nanti dari Siantar ditembus ke Danau Toba. Nah itu bagus sekali," ujarnya di ruang rapat Komisi VI DPR, Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Menurutnya, rute tersebut bukan hanya bagus dari sisi penumpang, namun juga untuk angkutan barang.

"Yang pasti pariwisata juga. Termasuk angkutan barang karena melewati perkebunan dari arah Sekabu Siantar masuk ke Danau Toba," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini