Share

Beda Era, Akankah Nasib Mobil Listrik Sama seperti Mobil Gas?

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 19 320 1739785 beda-era-akankah-nasib-mobil-listrik-sama-seperti-mobil-gas-iSuA50D095.jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Alih-alih belum sukses dalam menjalankan mobil gas di dalam negeri, pemerintah sudah mengkaji lagi rencana pengembangan mobil listrik. Lantas apakah nasib mobil listrik nantinya akan sama seperti mobil gas yang sekarang perkembangannya hanya di sekitar kota besar seperti Jakarta.

Menyikapi hal ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, era ESDM saat ini beda dengan yang dahulu. Saat ini, ada kewajiban setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) harus memiliki satu dispenser khusus untuk gas.

Melalui cara ini diyakini pengembangan mobil yang menggunakan gas pun akan semakin bergairah, karena infrastruktur pengisiannya sudah ada.

"(Perkembangan mobil gas) enggak jalan karena saya bukan menterinya dulu. Gini enggak jalan itu karena SPBG enggak bisa dibangun, enggak banyak. Bangun 5.000 SPBG itu gimana, lokasi, peralatannya. Sekarang kan saya sudah keluarkan kewajiban semua SPBU tergantung wilayah,” ujarnya di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Jonan mengaku, tidak mengetahui kenapa perkembangan mobil tidak lambat, yang pasti sekarang dengan kebijakan bahwa setiap SPBU wajib memiliki satu nozzel gas, maka di pengisian mobil gas di mana pun sudah bisa dilakukan.

"Kalau setiap SPBU harus ada satu nozzel gas, ya sudah selesaikan. Kenapa dulu enggak mikir gitu, ya saya enggak tahu," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini