nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rampung Tahun Ini, BCA Masih "Meraba" Akuisisi Bank Kecil

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 16:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 20 278 1740754 rampung-tahun-ini-bca-masih-meraba-akuisisi-bank-kecil-pT8vV4QE3h.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memastikan rencana akuisisi dua bank tahun ini bisa direalisasikan. Hal ini setelah sebelumnya tertunda karena BCA fokus menjalankan program tax amnesty.

"Kita harap tetapkan target kita tahun ini karena udah mundurkan, tapi kita lihat lagi. Kuartal III dan IV," ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

 Baca juga: Incar Bank Kecil, Bos BCA: Akuisisi Sama seperti Cari Jodoh

Dia memastikan, bahwa yang akan diakuisisi sebanyak dua bank. Namun apakah bank BUKU I atau II, belum ada keputusannya.

"Sebenarnya kita itu kesempatan opportunity bisa macem-macem, jadi apa saja bisa dijajaki, bagaimana BUKU I, II, semua ada kemungkinan. Jadi kita harus lihat memang paling mudah BUKU I, tapi bukan enggak bisa BUKU II juga, tapi ini melihat bibit, bebet, bobot," ujarnya.

Adapun kepastian akuisisi yang dipastikan tahun ini terjadi di mana tidak ada revisi pada Rencana Bisnis Bank (RBB). Jahja mengatakan, jika memang ada perubahan angka atau rencana penambahan akuisisi harusnya pada Juni 2017 sudah disampaikan revisiannya.

"Tapi kan RBB sudah ada tinggal realisasi, sejauh sesuai RBB tidak usah direvisi," ujarnya.

Dalam rencana akuisisi dua bank tersebut, BCA menyiapkan dana sebesar Rp4,5 triliun. Dana ini diperuntukkan juga untuk penambahan modal anak perusahaan.

"Tapi kalau dilihat memang anak perusahan cukup, kalau iya perlu tambahan sedikit-sedikit. Tambahan 500 miliar lah," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini