Wah, JK Minta Pengusaha Pacu Investasi di Bidang Panas Bumi

Reni Lestari, Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 02 320 1748434 wah-jk-minta-pengusaha-pacu-investasi-di-bidang-panas-bumi-olspAVdGfj.jpg Foto: Reni Lestari/Okezone

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka gelaran Indonesian International Geothremal Convention and Exibition 2017 di Jakarta Convention Center, Senayan. Dalam pidato pembukanya, JK menekankan pentingnya pengembangan teknologi panas bumi untuk keberlanjutan energi.

"Teknologi tentu sangat berkembang, teknologi geothermal. Juga teknologi renewable energi lainnya, ini akan selalu jadi lebih efisien dan sebagainya," kata JK, Rabu (2/8/2017).

Untuk memaksimalkan pemanfaatan potensi geothermal atau panas bumi, lanjut JK, Indonesia membutuhkan banyak investasi. Karenanya, perlu ada pembicaraan-pembicaraan untuk menyederhanakan regulasi.

"Dewasa ini kita butuh investasi, begitu banyak sebenarnya yang hadir disini untuk investasi di renewable energi, oleh karena itu, prosedur, cara itu harus lebih simpel, lebih baik untuk memenuhi syarat-syarat itu," ujar dia.

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan menjelaskan, potensi geothermal di Indonesia mencapai 29 giga watt, namun baru dimanfaatkan sekira 1.700 megawatt. Karenanya ia menyebut panas bumi menjadi bauran energi yang paling bisa diharapkan untuk berkembang.

JK melanjutkan, konferensi ini bisa dimanfaatkan sebagai upaya untuk meningkatkan teknologi geothremal agar lebih cepat dan efisien.

"Karena geothermal ini hampir semua pulau di Indonesia punya sumber itu. Di Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan sebagainya punya sumber-sumber itu," ujar dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini