Share

Duh, 2.000 ATM Mandiri Offline Kena Imbas Gangguan Satelit!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Sabtu 26 Agustus 2017 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 26 320 1763759 duh-2-000-atm-mandiri-offline-kena-imbas-gangguan-satelit-5IWbsx2wv6.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Satelit Telkom 1 milik PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) mengalami gangguan yang berakibat terhadap jaringan beberapa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) perbankan mengalami gangguan.

Di antara, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang sudah mengalami gangguan sejak pagi tadi. Adapun jaringan ATM yang terganggu atau offline sebanyak 2.000 ATM.

 Baca juga: Gawat! Satelit Bermasalah, 100 Kantor Kas BCA Kena Imbas

"Sejak pagi tadi kami juga mengalami gangguan untuk 2.000 ATM dari total 17.695 ATM kami," ungkapnya saat dihubungi Okezone.

Menurutnya, ATM yang mengalami gangguan adalah yang menggunakan jaringan penghubung ke satelit atau layanan tambahan dari penyedia jasa satelit untuk mendukung aplikasi Internet, data, LAN, suara dan faksimili.

 Baca juga: Nasabah Keluhkan ATM Offline, BCA Sebut Gangguan Jaringan!

"ATM yang mengalami gangguan adalah ATM yang menggunakan jaringan VSAT," tukasnya.

Sebelumnya, Satelit Telkom 1 mengalami gangguan. Kondisi ini mengakibatkan terputusnya jaringan komunikasi kepada pelanggannya, termasuk, PT Bank Central Asia (BCA).

 Baca juga: Cek Saldo Kena Biaya, OJK Klarifikasi ke BCA

Direktur Utama BCA, Jahja Setiaatmadja mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima keluhan dari masyarakat, tentang Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA di beberapa titik yang offline. Jahja mengatakan bahwa terputusnya jaringan komunikasi dari ATM tersebut adalah imbas dari gangguan pada satelit Telkom 1.

"Ada gangguan pada satelit Telkom 1 jadi enggak bisa dapat hubungan. Beberapa ATM BCA kabarnya error di Kramat Jati, Tebet, Kemayoran offline," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini