Image

Pengusaha Ritel: Gesek Kartu Kredit dan Debit di Kasir untuk Validasi dan Verifikasi

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 13:16 WIB
https img k okeinfo net content 2017 09 13 320 1774949 pengusaha ritel gesek kartu kredit dan debit di kasir untuk validasi dan verifikasi d52xd2TzlC jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan mendukung secara penuh penuh Peraturan Bank Indonesia (PBI) nomor 18 tahun 2016. Hal ini terkait larangan pembayaran Double Swipe atau gesek kartu debit atau kredit dua kali di gerai ritel modern.

Ketua Umum Aprindo, Roy Mandey menjelaskan, menggesek ke kasir merupakan cara untuk validasi dan verifikasi transaksi.

 Baca juga: Pengusaha Ritel Komit Tidak Gesek Ganda Kartu Kredit dan Debit di Kasir

"Karena setiap transaksi sebagai costomer kita lakukan 2 hal, uang cash atau tunai atau kita lakukan transaksi dengan kartu. Nah kartu terbagi 2, credit card dan debet," ujarnya di Jakarta, Rabu (13/7/2017).

 Baca juga: Gesek Kartu di Mesin Kasir Berbahaya, Harus Ada Sanksi!

Menurutnya dengan menggesek kartu di mesin kasir dapat menghemat waktu selama 15 detik hingga 20 detik, jadi itu membuat antreean di kasir menjadi lebih cepat dibandingkan memasukkan nomor kartu secara manual.

 Baca juga: Meski Dilarang, Gesek Dobel Kartu Masih Marak

"Jadi ada jeda waktu 15 detik atau 20 detik saat memasukkan manual. Kalau 20 detik, maka nomor antrian yang ke 20 akan kena antrian selama kurang lebih 1 jam. Tapi kita tetap dukung apapun aturan yang dikeluarkan oleh regulator," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini