Image

Ciputra: Entrepreneur Mengubah Sampah Jadi Emas!

ant, Jurnalis · Kamis 28 September 2017, 14:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 28 320 1784770 ciputra-entrepreneur-mengubah-sampah-jadi-emas-ctJ7gcZmB2.jpg Ilustrasi (Foto: Forbes)

JAKARTA - Sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan juga ASEAN dengan jumlah total mencapai lebih dari 90% dari seluruh perusahaan di ASEAN.

Berdasarkan studi dari Asian Development Bank Institute, pada 2015 sumbangan UMKM Indonesia pada nilai ekspor nasional baru sekitar 15,8%, masih rendah dari UMKM Thailand (29,5%), Filipina dan Malaysia yang masing-masing mencapai 20% terhadap nilai ekspor negaranya.

 Baca juga: 2020, ASEAN Jadi Pasar yang Sangat Menggiurkan bagi UMKM dan Startup

Direktur Utama Ciputra Group Ciputra menjadi salah satu pembicara utama dalam acara CEO Forum 2017 tersebut. Ciputra mengatakan bahwa UMKM adalah calon enterpreneur atau wirausaha yang besar.

"Enterpreneur lah yang mengubah sampah menjadi emas," kata Ciputra di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Baca juga: Mendag Ingin Wujudkan Mimpi UKM Bisa Berjualan di Mal

Ciputra mengatakan, Indonesia sudah mengalami kemajuan yang pesat sejak kemerdekaan, namun ada tiga bidang yang masih menjadi persoalan yaitu korupsi, pengangguran dan kesenjangan sosial.

Keinginan menjadi kaya bisa mendorong orang melakukan korupsi. Pengangguran menjadi banyak karena tidak ada usaha baru, sementara orang kaya semakin kaya dan orang miskin semakin miskin.

Baca juga: Presiden Jokowi: UKM dan Perajin Harus Bergabung Tembus Pasar Internasional

"Saya punya formula yang manjur untuk itu yaitu enterpreneurship. Kalau Indonesia menjadi negara enterpreneur pasti ketiga hal tersebut akan berkurang," kata Ciputra.

Menurut Ciputra, menjadi wirausahawan itu menyenangkan karena orang bisa melihat pengembangan dirinya sendiri serta merdeka dalam mengembangkan potensi yang ada.

Baca juga: UMKM Bisa Jualan di Rest Area Jalan Tol, Apa Saja Syaratnya?

Seorang entrepreneur harus mempunyai visi, inovasi dan berani mengambil keputusan.

Ciputra juga bercerita pengalamannya menjadi bangkrut di saat krisis ekonomi menimpa Indonesia, namun dia terus berupaya untuk bangkit mengejar impiannya.

"Entrepreneur itu 10 kali gagal, 11 kali bangkit, itu lah enterpreneur. Jadi anda jangan takut untuk gagal," kata Ciputra.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini