Rayakan 4 Tahun Galeri Investasi, MNC Sekuritas Ajak 186 Mahasiswa Ikut Stock Analysis Competition

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 02 278 1786938 rayakan-4-tahun-galeri-investasi-mnc-sekuritas-ajak-186-mahasiswa-ikut-stock-analysis-competition-8iqQ20vUl9.jpg 3rd National Invesment Day. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 186 mahasiswa turut menyemarakkan peringatan empat tahun Galeri Investasi yang merupakan kerjasama dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), MNC Sekuritas dan Universitas Bunda Mulia (UBM). Peringatan empat tahun berdirinya Galeri Investasi ini dikemas dalam kegiatan The 3rd National Invesment Day.

Adapun dua rangkaian acara dalam The 3rd National Invesment Day meliputi National Stock Analysis Competition dan Seminar National dengan tema " Smart Invesment for Millennials"

Head of Invesment Gallery MNC Sekuritas Andri Muharizal mengatakan generasi muda adalah pasar potensial. Mengingat 70% dari 250 juta penduduk Indonesia atau sekitar 175 juta penduduk merupakan usia muda.

"Karena Indonesia datanya 250 juta penduduk dibanding negara tetangga itu kita nomor satu dalam hal peluang dari kaum muda, sebanyak 70% kaum muda. Ini yang disasar," kata dia di Universitas Bunda Mulia, Jakarta, Senin (2/10/2017).

Andri melanjutkan, dalam kompetisi National Stock Analysis Competition, para millenial tersebut diberi kesempatan untuk unjuk gigi kepiawaian mereka dalam melakukan analisa di pasar modal.

Kompetisi ini, merupakan kompetisi bertaraf nasional dan diikuti oleh 62 tim dimana satu tim terdiri dari tiga orang yang berasal dari 20 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

"Sebelumnya memang pasar modal kita sangat didominasi oleh investor asing oleh karena itu dari BEI dan MNC Sekuritas dalam hal ini sangat mendukung bursa untuk melawan dominasi asing tadi dengan edukasi dan anak muda untuk terjun di pasar modal dan menjadi investor," kata dia.

Adapun kriteria penilaian, yaitu dari sisi konten. Peserta diharuskan untuk membedah perusahaaan terutama dari sisi fundamental. Sisi fundamental yang dianalisa meliputi, sisi kesehatan perusahaaan, kemudian kinerja yang sudah berjalan, serta prospek perusahaan bagi investor dilihat dari masing-masing kinerja.

"Melihat ke faktor fundamental melihat lebih ke rasio keuangan, solvabilitas, kemampuan mereka melakukan kewajiban utang. Dari sisi yang lain, apakah konten yang sudah dipaparkan dari paper apakah cukup relevan dengan bagaimana peserta memprediksi valuasi saham yang akan datang sampai pada suatu titik bisa diambil kesimpulan apakah perusahaaan ini layak dipilih menjadi pilihan investor," kata dia.

Dari 62 tim yang sebelumnya telah mengumpulkan research paper dipilih 22 paper terbaik yang dipresentasikan di depan dewan juri. Adapun juri dari National Stock Analysis Competition ini adalah Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bunda Mulia Kandi Sofia Senastri Dahlan, Head of Institutional Research MNC Sekuritas Thendra Crisnanda, Direktur Utama PT Investa Saran Mandiri Hans Kwee, dan Ketua Umum Asosiasi Analisis Efek Indonesia Haryajid Ramela.

Dari ke-22 tim tersebut, hanya ada tiga tim pemenang yang akan mendapatkan hadiah berupa rekening efek yaitu :

Juara 1 Rp 4.000.000 + Sertifikat

Juara 2 Rp 2.500.000 + Sertifikat, dan

Juara 3 Rp 1.000.000 + Sertifikat

Rangkaian acara dilanjutkan dengan National Seminar ”Smart Investment for Millennials” yang diadakan di The UBM Grand Auditorium, Universitas Bunda Mulia.

Adapun narasumber dalam seminar nasional ini adalah, Harry Prasetyo Kepala Pengembangan Wilayah PT Bursa Efek Indonesia , Susy Meilina Direktur Utama MNC Sekurita, dan Jason Gozali Founder Komunitas Investor Muda. National Seminar ini dihadiri oleh 543 peserta dari beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini