nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masih Lesu, Harga Apartemen Naik Tipis 1% di Kuartal III

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 04 470 1788543 masih-lesu-harga-apartemen-naik-tipis-1-di-kuartal-iii-2BBOOr8745.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Industri properti pada sektor apartemen masih belum bisa bangkit dari kelesuan. Padahal jumlah supplay apartemen bisa dibilang cukup melimpah.

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan, lesunya sektor apartemen ternyata berdampak kepada melambatnya pertumbuhan harga apartemen. Pada kuartal III ini saja, pertumbuhan harga apartemen hanya berada di angka 1%.

Hal itu berarti jika kondisi terus seperti ini, rata-rata pertumbuhan harga apartemen secara tahunan hanya mencapai 4,6%, atau jika di rupiahkan sekira Rp32,7 juta per meter persegi.

Baca juga: Simak! Makro Ekonomi hingga Kondisi Politik Bisa Dongkrak Sektor Apartemen

"Apartemen memang awal-awal bagus tapi sebenarnya sektor ini belum pick up," ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Menurut Ferry, lambatnya pertumbuhan harga berdampak kepada jumlah penyerapan. Hal itu terbukti, hanya sekira 85,6% angka penyerapannya dari total 15.277 unit apartemen baru.

"Yang jadi kendala di apartemen itu adalah rental marketnya yang sedang lesu. Tidak seperti dulu lagi. Jumlahnya itu di bawah sebelumnya sehingga ekspektasi return yang lebih rendah dari sebelumnya. Kalau ini belum berkembang buat apa mereka beli lagi," jelas Ferry.

Baca juga: Pasokan Terlalu Banyak, Alasan Sektor Apartemen Masih Lesu

Rendahnya penyerapan juga dikarenakan beberapa alasan. Yang mana alasan pertama adalah karena pasokan apartemen yang melimpah dengan jarak waktu yang berdekatan.

"Di satu sisi karena banyaknya pack line saling bergantian jadi pada saat baru mau konsentrasi disini sehingga memecah fokus pembeli karena banyaknya pilihan," kata Ferry.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini