Image

Masalah Pembelian Helikopter Meluas, BPK Bakal Audit Seluruh Pengadaan Alutsista

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 15:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 12 320 1794087 masalah-pembelian-helikopter-meluas-bpk-bakal-audit-seluruh-pengadaan-alutsista-zm17zPaHxW.jpg Auditor BPK. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan investigasi atas pengadaan alat utama sistem persenjataan (alusista) secara keseluruhan. Artinya, fokus badan auditor negara ini tidak hanya pada kasus pembelian helikopter Agusta Westland (AW 101) yang diduga menimbulkan kerugian negara sekitar Rp220 miliar.

"Soal pengadaan Agusta Westland 101 yang dilakukan unit organisasi dalam hal ini Mabes TNI AU. Itu masih dalam pemeriksaan dan pemeriksaannya bukan khusus Agusta Westland, tapi keseluruhan pengadaan alutsista Kemenhan dan TNI," ujar Anggota I BPK Agung Firman Sampurna di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Agung melanjutkan, audit yang dilakukan oleh BPK pada Kemenhan bersifat rutin. Mengingat, pengadaan alutsista adalah bagian dari alokasi anggaran negara dalam jumlah besar dan memiliki tingkat risiko tertentu.

"Pemeriksaan lanjutan yang dilakukan BPK adalah pemeriksaan laporan keuangan yang diambil sampel, kalau ada temuan kemudian untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Jadi sesuatu biasa, sesuatu yang rutin kita lakukan," terang dia.

Baca Juga: Mantap! BPK Klaim Selamatkan Keuangan Negara Rp13,70 Triliun

Di samping itu, BPK juga menerima masukan dan pelpaoran dari berbagai pihak untuk kemudian ditindaklanjuti sebagai sebuah rekomendasi dalam menyusun rencana kerja pemeriksaan BPK. Investigasi alutsista ini merupakan rekomendasi khusus dari Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, sebagai langkah susulan dari kasus pembelian helikopter AW 101.

"Yang boleh menyampaikan (rekomendasi) bukan hanya panglima TNI, yang bisa menjadi konsiderasi kami untuk melakukan pemeriksaan. dan itu boleh saja informasi dari siapapun yang menjadi bahan pertimbangan bagi kami untuk melakukan pemeriksanan," kata dia.

Baca Juga: Bertemu Presiden, BPK Serahkan Laporan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester I

Sebelumnya, Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Moermahadi Soerja Djanegara mengungkapkan audit terhadap pengadaan sejumlah alat utama sistem persenjataan (Alutsista) di Kementerian Pertahanan sudah berjalan. Namun Ketua BPK ini tidak menyebut sampai di mana proses audit alutsista ini. Bahkan dia menyatakan bahwa update audit alutsista tidak boleh diketahui publik.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini