Share

Duit BRI Dibawa Kabur Pegawai Rp6 Miliar, Duh Nasib Dana Nasabah Bagaimana?

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Selasa 17 Oktober 2017 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 17 320 1797265 duit-bri-dibawa-kabur-pegawai-rp6-miliar-duh-nasib-dana-nasabah-bagaimana-XmBDQrYlC4.jpg Ilustrasi: Shutterstock

MEDAN - Dana kas PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk senilai Rp6 miliar dibawa kabur dua karyawannya pada Jumat 13 Oktober 2017.

Pimpinan BRI Cabang Medan Amal Peranginangin mengungkapkan, uang tersebut diduga dibawa kabur oleh pegawai mereka berinisial BMS yang merupakan petugas kas, serta EP yang merupakan sopir. Saat ini, pihaknya pun sedang mengurus ke pihak asuransi.

Baca Juga: Duit BRI Dibawa Kabur Pegawai Rp6 Miliar, Apakah Akan Kembali Lagi?

Mengasuransikan proses pemindahan kas, kata Amal, merupakan prosedur operasi standar yang berlaku di BRI, sehingga masyarakat tak perlu khawatir dengan dana mereka.

“Kita tentunya tetap mengedepankan faktor kehati-hatian. Itu SOP kita,” papar Amal dalam temu pers yang digelar di kantornya, Selasa (17/10/2017).

 Baca Juga: Uang Rp6 Miliar Dibawa Kabur Pegawai, Pimpinan BRI Cabang Medan: Ini yang Pertama Kali

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatra Utara Arief Budi Santoso menegaskan, pihaknya tidak ikut bertanggung jawab atas hilangnya uang senilai Rp6 miliar milik PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Medan Putri Hijau yang diambil dari kantor kas BI Medan pada 13 Oktober 2017.

Hilangnya uang yang diduga digelapkan oleh petugas Tambahan Kas Kantor (TKK) BRI itu menjadi tanggung jawab BRI sendiri.

"Prosedurnya, saat uang itu keluar dari loket kita, berarti sudah bukan tanggung jawab kita lagi. Itu sudah jadi tanggung jawab bank. Lagipula saat akan mengajukan pengambilan uang, kita sudah melakukan verifikasi atas petugas yang mengambil. Uang yang diambil juga sudah dihitung oleh petugas BRI yang ditugaskan untuk mengambil uang tersebut," kata Arief.

Arief juga mengatakan, uang yang diambil petugas BRI dari Kantor Kas BI Medan, lebih dari yang dikabarkan telah dibawa kabur oleh petugas tersebut.

"Catatan kita lebih dari Rp60 Miliar yang diambil petugas BRI tersebut. Untuk pastinya silahkan tanya ke BRI. Lalu kalau yang dilaporkan hilang cuma Rp6 miliar, artinya kan ada uang yang sudah diserahkan ke BRI. Berarti petugas itu memang orang yang ditunjuk oleh BRI. Makanya itu sudah di luar tanggung jawab kita," tegas Arief.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini