nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wah! Ketemu Menko Luhut, Airbus Bakal Bangun Bengkel Pesawat Militer di Indonesia

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 20:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 24 320 1801648 wah-ketemu-menko-luhut-airbus-bakal-bangun-bengkel-pesawat-militer-di-indonesia-Zkhb6tfMSe.jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan melakukan pertemuan dengan President Asia Pacific Airbus. Dari hasil pertemuan tersebut, Airbus berniat membuat bengkel pesawat terbang di dalam negeri.

Baca juga: Tampung Pesawat Airbus A380, Bandara Kertajati Perpanjang Runway

"Airbus tadi kita bicara kerja sama untuk di bidang-bidang pesawat terbang. Mereka pengen punya anu (bengkel) di sini," tutur Luhut di kantornya, Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Pembuatan bengkel Airbus tersebut, lanjut Luhut, akan dikerjasamakan dengan PT Dirgantara Indonesia. Oleh karena itu, bengkel pesawat nantinya bisa diperuntukkan meningkatkan produksi pesawat PT Dirgantara Indonesia.

Baca juga: GMF Siap Rawat Airbus 330

"Dengan DI (Dirgantara Indonesia) untuk CN295, CN235 kemudian seperti-seperti itu untuk militer. Mereka mempertimbangkan sekali untuk ada kerja sama dengan Dirgantara Indonesia," tuturnya.

Sebenarnya bengkel pesawat Airbus dan Dirgantara Indonesia ini diperuntukkan untuk pesawat terbang militer. Namun, perbaikan pesawat juga dilakukan untuk yang komersil.

"Mereka juga mempertimbangkan, karena kita kan belinya banyak (Airbus). Saya gak tau berapa ratus (jumlahnya) berapa tahun ke depan,"tuturnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini