Sambangi Klaten, Menperin Datangi Bengkel Mobil Pedesaan Kiat Mahesa Nusantara

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 03 November 2017 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 03 320 1807900 sambangi-klaten-menperin-datangi-bengkel-mobil-pedesaan-kiat-mahesa-nusantara-DvZJDvpEOE.jpg Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Foto: Okezone)

KLATEN - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto siang ini mengunjungi Bengkel Kiat Motor yang berlokasi di Desa Mlese, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kunjungan Menperin kali ini bertujuan untuk meninjau langsung perkembangan prototipe mobil pedesaan Kiat Mahesa Nusantara.

Menperin mengatakan, Kementerian Perindustrian mendukung pengembangan mobil pedesaan. Airlangga juga mengapresiasi, upaya daripada seluruh tim untuk mengembangkan mobil pedesaan hingga ke tahapan protitepe. Selanjutnya, kata Airlangga, dibutuhkan sebuah wadah khusus untuk menaungi mobil pengembangan mobil pedesaan ini.

"Tahapan berikutnya, adalah supply chain-nya dimatangkan dan kemudian dibentuk wadahnya, badannya, pengelola dimatangkan," kata Airlangga di Klaten, Jawa Tengah, Jumat (3/11/2017).

Ke depannya, Menperin juga mendorong mobil pedesaan untuk diproduksi secara nasional. Pasalnya, mobil pedesaan ini dapat mengakselerasi kebutuhan masyarakat petani di pedesaan. "Dari pemerintah memberikan regulasi bahwa kendaraan pedesaan adalah dipergunakan untuk industri nasional," kata dia.

Perlu diketahui, mobil pedesaan ini lahir dari tangan orang yang juga mempelopori munculnya mobil Esemka, yaitu Sukiyat. Saat ini, terdapat tiga prototipe mobil pedesaan Kiat Mahesa Nusantara. Bentuknya hampir menyerupai mobil pick up dengan ukuran lebih kecil.

Prototipe pertama adalah mobil pedesaan dengan kabin ganda berwarna merah, lalu mobil pedesaan dengan kabin tunggal berwarna kuning, dan mobil pedesaan kabin tunggal dek rata berwarna putih. Seluruh teknologi baru mobil pedesaan tersebut telah menggunakan Power Take Off (PTO).

Sebelumnya, pada bulan September lalu, Presiden Joko Widodo juga telah menyambangi bengkel tersebut. Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi mendorong mobil pedesaan ini untuk mendapatkan sertifikasi, sehingga dapat mendukung teknologi baru pada sektor pertanian.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini