nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wah, Kilang Cilacap Paling Efisien dan Berkontribusi Terbesar di Indonesia

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 10 November 2017 14:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 10 320 1811845 wah-kilang-cilacap-paling-efisien-dan-berkontribusi-terbesar-di-indonesia-87alhqFY5i.jpg RFCC Cilacap (Foto: Lidya Sembiring/Okezone)

CILACAP - PT Pertamina (Persero) memiliki 7 kilang minyak yang tersebar diseluruh Indonesia. Dari semua kilang ini, yang memberikan kontribusi terbesar adalah Kilang Cilacap yang berada di Jawa Tengah.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Migas Kementerian Energi dan sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial, saat mengunjungi Kilang tersebut sesaat sebelum memberikan bantuan konverter kit kepada Nelayan di Kabupaten Cilacap.

 Baca juga: Naikkan Produksi Jadi 360 Ribu Barel, Menteri Jonan Modifikasi Kilang Balikpapan

Dirinya mengatakan, total kapasitas produksi dari 6 kilang yang aktif yakni sebesar 1,1 juta barrel per hari. Adapun Kilang Cilacap memberikan kontribusi terbesar yakni 348 ribu barrel per hari.

"Refinery unit IV ini merupakan revinery yang terpenting karena total dari kapasitas kilang seluruh Indonesia sekitar 1,1 juta barrel per hari, khusus untuk kilang Cilacap ini berkontribusi sekitar 348 ribu barrel per hari atau sekitar 33%. Jadi sangat signifikan, terbesar di Indonesia," ungkapnya di Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (10/11/2017).

 Baca juga: Vietnam Mulai Ngebor Minyak di Wilayah Laut China Selatan

Selain itu, Ego mengatakan pemerintah dalam hal ini Pertamina, saat ini berusaha untuk meningkatkan produksi Kilang Cilacap per harinya. Adapun langkah yang dilakukan Pertamina, yakni melakukan kerjasama dengan Saudi Arabian Oil Company (Saudi Aramco) untuk membentuk perusahaan gabungan (joint venture) guna mengembangkan proyek pembangunan peningkatan kapasitas kilang existing atau refinery development master plan (RDMP) tersebut.

"Kilang Cilacap IV ini juga sedang dalam proses untuk program RDMP untuk meningkatkan kapasitas yang tadinya 348.000 barel per hari ini nanti ke depannya ditingkatkan volume jadi sekitar 400.000 barel per hari," jelasnya.

Baca juga: Begini Progres Proyek Upgrade 5 Kilang Pertamina, dari Balikpapan hingga Tuban

Sementara itu, dirinya mengatakan dalam kunjungan kerja ke Kilang Cilacap untuk melihat bagaimana keseharian pengerjaan dan pengoperasian Kilang tersebut. Selain itu, ia melihat bahwa Kilang Cilacap ini bukan hanya paling berkontribusi tapi juga yang paling efisien.

"Selain itu juga kita hasil kunjungan kerja ini mendapatkan bahwa memang kilang Cilacap ini merupakan salah satu yang paling efisien di Indonesia," tukasnya.

https://economy.okezone.com/read/2017/07/05/320/1729225/vietnam-mulai-ngebor-minyak-di-wilayah-laut-china-selatan

(rzy)

Berita Terkait

Kilang Minyak

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini