Image

Suku Bunga BI Turun, Rate Deposito Sudah Anjlok ke 4%

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 17:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 14 320 1813909 suku-bunga-bi-turun-rate-deposito-sudah-anjlok-ke-4-Z337vh05G9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Penurunan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate mulai direspons oleh penurunan suku bunga deposito. Pasalnya, suku bunga deposito terus mengalami penurunan hingga mencapai 4%.

Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Destry Damayanti mengatakan, penurunan tersebut adalah hal yang wajar karena mengikuti tren.

"Karena memang likuiditasnya lagi membaik kalau kita lihat loan to deposit ratio (LDR) di bawah 90%, dan satu tahun terakhir ini pertumbuhan bank-bank juga rada melambat di 8%," ujar Destry usai acara UOB Indonesia's Economic Outlook 2018, di Hotel Shangri-La, Selasa (14/11/2017).

Menurut Destry, hal ini menunjukkan likuditas yang berlebih untuk bank dan membuat bank harus menurunkan suku bunganya. "Ini membuat bank harus menurunkan suku bunganya, ini sesuai arahan BI juga," ujarnya.

Dia melanjutkan, jika melihat penurunan bunga deposito ini, Destry menyatakan tidak menunutup kemungkinan tren masyarakat di tahun 2018 akan beralih dari deposito. "Kalau orang lihat bunga deposito makin turun dia akan lihat alternatif investasi lain," katanya.

Destry menambahkan, masyarakat kemungkinan akan mengalihkan dananya dari deposito kepada produk lainnya. "Mungkin emas atau kalau kita lihat ekonomi sudah menggeliat baik mereka mungkin akan investasi properti," ungkapnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini