nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidak ke Pasar Kosambi, Mendag Temukan Kenaikan Harga Daging Ayam dan Beras Medium

CDB Yudistira, Jurnalis · Senin 04 Desember 2017 13:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 04 320 1824779 sidak-ke-pasar-kosambi-mendag-temukan-kenaikan-harga-daging-ayam-dan-beras-medium-yBQ2hmbIWV.jpg Foto: CDB Yudistira/Okezone

BANDUNG - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan sidak ke Pasar Kosambi di Jalan Kosambi, Kota Bandung. Sidak ini dilakukan guna memantau ketersediaan stok dan juga harga bahan pokok.

"Stok yang tersedia semuanya aman dan jumlah perputaran masih normal daging masih normal kemudian ayam memang ada kenaikan sedikit, tapi saya masih mentolelir dari peternak juga ada penyesuaian, tapi stok berlimpah, karena pada waktu yang lalu ayam turunnya terlalu jauh sehingga peternak dan petelur ruginya besar," katanya usai sidak , Senin (4/12/2017).

Selain menemukan adanya kenaikan pada daging ayam, dalam sidaknya ini dirinya juga menemukan kenaikan harga beras. Namun pada temuannya tersebut, harga kenaikan beras sesuai dengan kualitas beras yang di jual kepada masyarakat.

Baca juga: Ongkos Angkut Mahal, Harga Ayam di Perbatasan Capai Rp400.000/Ekor

"Kemudian beras memang ini yang tadi kita lihat ada satu jenis beras harga Rp10 ribu harga relatif agak tinggi, tapi kalau dilihat dari sisi kualitas yang medium 93, tetapi medium yang Rp10 ribu itu antara medium dan premium sebenarnya lebih cenderung dalam kategori premium liat dari pecahnya segala macam kategori baik. Itu masih di dalam range nya karena yang premium juga yang di atas Rp10 ribu dia jual Rp11 ribu sehingga dia berada dalam range di bawah standar premium," terangnya.

Baca juga: Harga Daging Ayam Belum Pulih, Mendag Bakal Intervensi?

Untuk diketahui, Di Pasar Kosambi, harga ayam ras berada diposisi Rp32.000 per kg, beras medium Rp10.000 per kg, beras premium Cianjur Pandanwangi Rp11.000 per kg, telur Rp24.00 per kg, gula pasir Rp12.000 per kg, dan minyak goreng curah Rp.12.000 per kg.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini