Image

Kuartal IV, Sri Mulyani Berharap Konsumsi Rumah Tangga di Atas 5%

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 17:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 20 1826823 kuartal-iv-sri-mulyani-berharap-konsumsi-rumah-tangga-di-atas-5-ZwkCFqBfWb.jpg Ilustrasi (Foto: ant)

JAKARTA - Pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2017 sebesar 5,2%. Namun, hingga akhir tahun ini, pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan tidak akan mencapai target dan hanya tumbuh sekitar 5,1%.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah sangat mengharapkan di Kuartal IV ini, konsumsi rumah tangga bisa tumbuh lebih baik dari kuartal III sebesar 4,93%. Karena ini merupakan salah satu cara untuk mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 5% sepanjang tahun ini.

 Baca juga: Catat! Ketergantungan dengan Komoditas Pengaruhi Konsumsi Rumah Tangga

"Kalau dikuartal IV ini kan harapannya konsumsi akan lebih baik lagi dari kuartal kemarin yang 4,93%. Kalau kita ingin tumbuh di atas 5% kita harus mendapatkan konsumsi rumah tangga tumbuh 5%," ungkapnya di JCC, Senayan, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, konsumsi rumah tangga di atas 5% kemungkinan bisa tercapai. Pasalanya akhir tahun ini akan banyak masyarakat yang berbelanja karena ada musim liburan panjang.

 Baca juga: Ekonomi Indonesia 'di Tangan' Perubahan Pola Konsumsi atau Persoalan Daya Beli?

"Kuartal IV karena seasonal, libur, pola mereka spending itu ada harapan pick up di kuartal IV. Kita berharap kalau konsumsi di level 5%, dengan strategi tadi dengan musim liburan akhir tahun, daya beli tetap dijaga dengan inflasi rendah dan juga seluruh program pemerintah sudah mulai kuat, liquidity cukup itu sustain," jelasnya.

Selain itu, ia berharap sektor investasi juga terus tumbuh pesat di kuartal IV ini agar bisa dikombinasikan dengan konsumsi rumah tangga. Maka dengan pertumbuhan yang tinggi antara keduanya bisa membuat pertumbuhan ekonomi di atas 5,1% bahkan bisa mencapai target sebesar 5,2% di kuartal IV. Dengan pertumbuhan ekonomi 5,2% di kuartal IV maka pertumbuhan eknomi nasional bisa mencapai sekitar 5,1%.

 Baca juga: Selama Konsumsi Rumah Tangga Lemah, Pertumbuhan Ekonomi Sulit Capai 5,2%

"Kemudian dikombinasikan dengan investasi maupun ekspor yang momentum masih sangat kencang. Kita akan mendapatkan pertumbuhan di kuartal IV yang di atas 5,1% bahkan saya mengharapkan di atas 5,2% di kuartal IV. Dengan demikian momentum itu tetap terjaga di 2018," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini