Image

Genjot Perekonomian, BI Minta Pemda Perhatikan Potensi Daerah

Arsan Mailanto, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 15:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 320 1826727 genjot-perekonomian-bi-minta-pemda-perhatikan-potensi-daerah-AgsPgh08gu.jpg Foto: Arsan/Okezone

PANGKALPINANG - Kepala Tim SP PUR dan SLA Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung (Babel) Edhi Rahmanto Hidayat mengungkapkan diperlukan strategi khusus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi guna mensejahterakan masyarakat khususnya perekonomian di Bangka Belitung.

Menurutnya, jika memerhatikan berbagai kondisi ekonomi di Babel, BI berpendapat perlu dilakukan strategi dan upaya khusus untuk mengoptimalkan berbagai potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Babel.

Baca Juga: Tahun Politik, Menteri Bambang: Pertumbuhan Ekonomi Bisa Berjalan Tanpa Gangguan

"Kegiatan itu terkait dengan transformasi perekonomian, transformasi jalur distribusi, optimalisasi sektor pariwisata, integritas peran masyarakat, implementasi transaksi non tunai pada Pemprov, Pemkab dan Pemkot," ujarnya ditemui awak media di Pangkalpinang, Kamis (7/12/2017).

Dalam seminar nasional investasi dengan mengusung tema "Transformasi Perekonomian Babel Guna Mengoptimalkan Potensi dan Akselerasi Investasi. Edhi juga menyebutkan, bahwa pemerintah daerah, baik provinsi maupun Kabupaten/Kota harus berupaya mengurai berbagai permasalahan dan mengoptimalkan potensi yang ada, sehingga dapat membuahkan hasil.

Baca Juga: Tahun Politik, Pengusaha: Pembantu Presiden Jangan Berlomba Buat Regulasi Tak Berguna

"Kita harus belajar, bekerja dengan adanya diskusi panel yang membahas berbagai hal perekonomian. Hal tersebut kiranya perlu dilakukan untuk memperkaya pemikiran yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dan perumusan strategi tingkat Pemprov, Pemkab, Pemkot, instansi terkait dan kalangan swasta," imbuh dia. 

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi 5,2%, Apindo: Akan Sulit Tercapai

Karena dengan begitu lanjut Edhi, adanya kegiatan ini agar pemerintah daerah dan masyarakat dapat mengetahui potensi yang ada di Bangka Belitung dan diharapkan akan mengetahui potensi investasi di Babel yang dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

"Kita harapkan pemerintah daerah dan masyarakat dapat mengetahui potensi investasi di Babel sehingga bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Baik dalam pengembangan sektor pariwisata, perkebunan lada yang menjadi sektor prioritas untuk pertumbuhan ekonomi baru kiranya dapat lebih cepat," tandasnya. 

Sebelumnya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo meyakini Indonesia bisa masuk dalam 5 besar ekonomi dunia pada 2030. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, ekonomi tidak bisa hanya mengandalkan sebagian daerah saja.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini