Pertama Kali dalam Sejarah, Lego Menang Gugatan di Pengadilan China

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 08 320 1827209 pertama-kali-dalam-sejarah-lego-menang-gugatan-di-pengadilan-china-JA1nRUOU8K.jpg Ilustrasi Lego. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pembuat mainan anak terbesar, Lego, bisa bernafas lega setelah memenangkan sebuah kasus penting di China. Mereka dinyatakan menang melawan dua perusahaan yang memproduksi dan menjual mainan hampir identik dengan jajaran LEGO Friends namun bermerek Bela.

Ini adalah kali pertama kalinya perusahaan asal Denmark tersebut berhasil memenangkan sebuah kasus persaingan hak cipta di China, karena Bela meniru bentuk dan warna mainan tersebut. Masalah ini telah berulang bagi perusahaan bernilai USD31 miliar tersebut, dan merupakan kabar baik ke depannya.

Melansir CNBC, Jumat (8/12/2017), pada awal tahun ini Pengadilan Tinggi Beijing telah mengeluarkan sebuah keputusan yang mengakui logo dan nama Lego dalam bahasa China, sebagai merek dagang 'terkenal' di China, dan menempatkan pembuat mainan tersebut dalam posisi yang lebih baik dalam melawan pelanggaran terhadap merek dagangnya.

Pengadilan China, Intermediate Shantou, memutuskan bahwa produk Bela telah melanggar hak cipta Grup Lego dan mengatakan bahwa penjualan produk tersebut merupakan tindakan persaingan tidak sehat.

Pengadilan juga memutuskan bahwa Lego dilindungi oleh undang-undang anti persaingan yang tidak adil di China untuk penampilan unik dan aspek dekoratif tertentu dari kemasannya di lini produk tertentu, dalam hal ini LEGO Friends.

Kasus tersebut diajukan terhadap dua perusahaan China, karena mereka telah memproduksi dan menjual produk Bela yang hampir identik dengan produk Lego. Dengan kemenangan ini, mereka pun harus berhenti menyalin kemasan dan logo Lego.  

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini