nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertamina Siapkan Gas Elpiji 3 Kg Nonsubsidi, Berapa Harganya?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017 13:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 320 1827292 pertamina-siapkan-gas-elpiji-3-kg-nonsubsidi-berapa-harganya-lfQCS8lJ3o.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berencana meluncurkan gas elpiji 3 kilogram (kg) non subsidi atau bright gas ukuran 3 kg pada tahun depan. Rencana ini diakui Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar sebagai salah satu pemicu langkanya gas elpiji 3 kg.

Menurut Iskandar, hal ini disalah artikan oleh masyarakat karena produk baru Pertamina ini dianggap akan menggantikan gas elpiji 3 kg.

"Ini pemicu kita harus hati-hati, jangan sampai seolah ganti 3 kg non subsidi sehingga tambah keresahan," kata Iskandar, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

 Baca Juga: Pertamina Bakal Nombok Rp1 Triliun dari Gas Elpiji 3 Kg, Apa Benar?

"Makanya perlu diluruskan, bright gas ini alternatif pada masyarakat untuk lebih mudah, kalau bright gas 5,5 kg kan harus beli baru, kalau 3 kg nanti kita launching itu kan bisa beli ini langsung," sambungnya.

Selain rencana tersebut, kelangkaan gas elpiji 3 kg terjadi karena ada beberapa stimulus. Seperti adanya rencana pemerintah untuk melakukan distribusi gas elpiji 3 kg tertutup pada 2018.

"Karena pemerintah gembar-gembor itu 2018. Ini sempet memancing konsumen atau masyarakat kita panik sehingga belinya lebih banyak. Stok tabung kosong di dapur akhirnya dikeluarin semua, sehingga masyarakat betul-betul butuh dibeli lebih banyak," jelasnya.

Baca Juga: Elpiji 3 Kg Langka, Perhitungan Penyaluran Pertamina Meleset

Dia mengungkapkan, saat ini belum ada indikasi penimbunan gas elpiji 3 kg yang tengah terjadi kelangkaan stok di beberapa wilayah Indonesia. Indikasi yang perseroan ambil saat ini, kelangkaan terjadi karena adanya kepanikan masyarakat.

"Ketika di daerah dilihat langka, mereka nyerbu untuk beli hanya untuk nyetok saja. Ini akan kita siram (penuhi). Mereka terpenuhi tabung di dapur terisi semua berhenti," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini