Image

Kemendag Pastikan Stok Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru di Sulut Aman

Subhan Sabu, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 16:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 320 1827386 kemendag-pastikan-stok-pangan-jelang-natal-dan-tahun-baru-di-sulut-aman-J6bfeNjwct.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

MANADO - Menjelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kementerian Perdagangan RI melakukan Kunjungan ke pasar tradisional, distributor gula pasir dan Stasiun Pengangkutan dan Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE) di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Staf Ahli Bidang Pengembangan Pasar Kementrian Perdagangan, Sutriyono Edi yang didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Sulut, Jenny Karouw dan Kepala Perum Bulog Divre Sulutgo, Eko Pranoto mengatakan bahwa untuk stok pangan menjelang Natal dan Tahun Baru dipastikan aman.

Baca Juga: Kumpulkan Mendag hingga Mentan, Menko Darmin: Kita Diskusi Amankan Stok Pangan di Musim Hujan

"Tadi Bulog melaporkan stoknya sampai 3000 ton, bisa 4 bulan ke depan kemudian gula pasir juga 6350 ton sampai 2 sampai 3 bulan ke depan termasuk minyak goreng, tepung terigu daging sapi, telur, cabe, bawang merah, sehingga stok dan harga aman," jelas Staf Ahli Bidang Pengembangan Pasar Kementrian Perdagangan Sutriyono Edi, Jumat (8/12/2017).

Jika nantinya ada kekurangan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Sulut, Jenny Karouw nantinya akan menghubungi siapa pun sebagai suplier karena sudah punya jaringan. Selain itu juga, dari Bulog sudah melakukan operasi pasar.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem hingga Banjir Hancurkan 40 Ribu Ha Sawah Indonesia

"Bulog punya RPK, Rumah Pangan Kita yang tersebar di 388 titik yang menyebarkan juga bahan kebutuhan pokok dengan harga yang sesuai HET," ujar Sutriyono.

"Selain itu juga, Dinas Perindustrian Perdagangan Sulut sampai dengan tanggal 23 Desember 2017 nanti sudah melakukan pasar murah di daerah-daerah sehingga menurut catatan kami stok untuk Natal dan Tahun Baru cukup, harga-harga pun bisa terkendali dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Presiden Jokowi Minta Para Menteri Jaga Produksi hingga Harga Pangan

Sementara untuk stok elpiji dipastikan aman. Untuk bulan Desember, pihak Pertamina menambah kuota stok sebesar 15 persen dari stok biasanya.

"harganya tetap Rp18.000 kecuali beli di warung kalau sampai di tingkat pangkalan harganya Rp 18.000, nanti kami akan bekerjasama dengan kabupaten kota untuk melakukan pengawasan di lapangan," tambah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Jenny Karouw.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini