nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

CEO Tom Enders Mundur, Airbus Cari Bos Baru di 2018

ant, Jurnalis · Minggu 17 Desember 2017 21:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 17 320 1831792 ceo-tom-enders-mundur-airbus-cari-bos-baru-di-2018-QtswsnrDli.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Dewan Direksi perusahaan manufaktur pesawat Airbus telah memutuskan beberapa rencana perubahan eksekutif atau manajemen teratas untuk menjamin suksesi kepemimpinan yang lancar di perusahaan asal Eropa tersebut.

Siaran pers Airbus di Jakarta, Minggu (17/12/2017), menyatakan, CEO Tom Enders memutuskan tidak memperpanjang jabatannya lebih dari April 2019, sedangkan COO dan President Commercial Aircraft Fabrice Bregier akan turun dari jabatannya pada bulan Februari 2018.

Selain itu, Guillaume Faury yang saat ini menjabat sebagi CEO Airbus Helicopters akan meneruskan Fabrice Bregier sebagai President Airbus Commercial Aircraft.

 Baca Juga: CEO Airbus Tom Enders Berencana Mundur di 2019?

Menurut Tom Enders yang telah mengungkapkan keinginannya pada direksi untuk tidak melanjutkan jabatannya pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan April 2019, pada tahun tersebut dirinya telah mengabdi sebagai pimpinan selama 14 tahun di Airbus.

"Pengalaman ini merupakan perjalanan yang panjang dan menyenangkan. Namun, kini saatnya untuk mengawali perubahan kepemimpinan. Kami butuh pikiran segar pada tahun 2020. Dalam 16 bulan ke depan, saya akan bekerja dengan direksi untuk memastikan transisi yang lancar ke CEO selanjutnya dan generasi kepemimpinan yang baru," kata Tom Enders.

Sementara itu, Fabrice Bregier telah mengisyaratkan pada direksi bahwa dirinya tidak berniat untuk menjadi bagian dari seleksi posisi CEO pada tahun 2019, dan akan mengundurkan diri pada tahun 2018.

"Setelah 25 tahun di perusahaan, termasuk 5 tahun sebagai MBDA CEO, 4 tahun sebagai CEO dari Eurocopter, dan 11 tahun sebagai COO, CEO atau President of Airbus commercial aircraft, saya merasa ini waktunya untuk mengejar kesempatan lain di luar sana," kata Fabrice Bregier.

Baca Juga: Wah! Ketemu Menko Luhut, Airbus Bakal Bangun Bengkel Pesawat Militer di Indonesia

Ia juga mengemukakan bahwa hingga kepergiannya tahun depan, dirinya akan tetap fokus memenuhi seluruh komitmen Airbus kepada pemangku kepentingan.

Guillaume Faury yang saat ini menjabat sebagai CEO Airbus Helicopters akan meneruskan peran Fabrice sebagai President Airbus Commercial Aircraft.

"Saya merasa terhormat karena telah dipercaya menangani posisi baru ini dan saya siap untuk memimpin bisnis pesawat komersial Airbus," kata Guillaume Faury.

Selama 2018, dewan direksi akan mencari kandidat untuk posisi CEO, baik dari dalam maupun luar perusahaan. Dewan direksi juga berencana untuk mengumumkan penerus Tom Enders di waktu yang tepat agar dapat disahkan dalam Rapat Umum Tahunan 2019.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini