Share

Hadiri "Enterpreneurs Wanted", Jokowi Temui 1.500 'Milenial' di Bandung

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 320 1831989 hadiri-enterpreneurs-wanted-jokowi-temui-1-500-milenial-di-bandung-pEfnjGK23I.jpg Foto: Oris/Okezone

BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam kegiatan Enterpreneurs Wanted di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Senin (18/12/2017).

Jokowi tiba di lokasi pukul 09.32 WIB. Begitu masuk ke tempat acara, Jokowi langsung menyapa para peserta dan tamu undangan.

"Selamat pagi, assalamualaikum," kata Jokowi sambil berjalan menuju tempat duduk. Mereka yang ada di lokasi pun langsung menjawab sapaan Jokowi.

Baca Juga: Pesan JK ke Generasi Muda: Jangan Terlalu Berharap Jadi PNS

Dalam kegiatan itu, Jokowi akan menjadi salah satu pembicara. Selain Jokowi, ada beberapa pembicara lain, di antaranya CEO dan Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya dan CEO dan Pendiri Amartha Andi Taufan Garuda Putra.

Enterpreneurs Wanted kali ini merupakan rangkaian kedelapan kali yang digelar pemerintah. Kegiatan itu jadi ajang forum bincang edukatif antara wirausahawan sukses dengan para generasi muda.

BacaJuga: Keren! Ratusan Pengusaha Ikuti Seminar Internasional IAMPI di Bali

"Peran wirausahawan dalam pembangunan Indonesia sangat penting. Selain memiliki andil dalam penciptaan lapangan kerja, para wirausahawan juga turut memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi melalui bidang usahanya masing-masing. Namun, sayangnya jumlah wirausahawan di Indonesia masih tergolong kecil," kata Kepala Staf Presiden Republik Indonesia Teten Masduki dalam siaran persnya.

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah wirausahawan pada 2017 baru mencapai 3,31% dari jumlah penduduk Indonesia. Sementara standar Bank Dunia adalah sebesar 4%.

Dibanding negara ASEAN lain, jumlah wirausahawan Indonesia lebih kecil dari Singapura (7%), Malaysia (5%), Thailand (4,5%), serta tidak berbeda jauh dengan Vietnam (3,3%).

Baca Juga: Sukses Bangun Yajugaya, Randhy Jadi Pengusaha Muda yang Menginspirasi

Teten mengatakan, pemerintah ingin merangsang pertumbuhan wirausahawan, terutama di ranah industri digital. Hal itu sesuai dengan cita-cita Jokowi untuk menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia dengan valuasi industri mencapai USD130 miliar di tahun 2020.

"Untuk mendukung cita-cita tersebut, pemerintah telah merancang kegiatan Enterpreneurs Wante yang dilakukan secara rutin setiap bulannya sejak awal tahun ini. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat kewirausahaan generasi muda Indonesia dengan mempertemukan wirausahawan terbaik dengan para generasi penerus bangsa," jelas Teten.

Kegiatan Enterpreneurs Wanted sendiri diikuti peserta sebanyak 1.500 orang yang terdiri dari siswa dan mahasiswa. Sementara itu, setelah kehadiran Jokowi, kegiatan langsung dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini