nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Jokowi untuk Pengusaha Pemula: Perhatikan Sisi Kemasan hingga Merk

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 16:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 18 320 1832226 tips-jokowi-untuk-pengusaha-pemula-perhatikan-sisi-kemasan-hingga-merk-hg5QzlnOws.jpg Ilustrasi (Foto: ant)

BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sejumlah tips untuk para pengusaha, terutama pengusaha pemula. Ada sejumlah aspek yang harus dipertimbangkan dalam membangun usaha.

"Kekurangan kita yang pertama memang dari sisi desain," kata Jokowi dalam kegiatan Enterpreneurs Wanted di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Senin (18/12/2017).

Menurutnya, desain dari sebuah produk harus dibuat semenarik mungkin. Sehingga hal itu akan membuat calon konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

"Yang kedua, sisi kemasan itu lemah sekali," ucapnya.

Dirinya mengatakan, kemasan jadi salah satu faktor penting dalam memancing calon pembeli. Sehingga, kemasan sebuah produk harus dibuat menarik.

Ketiga, lanjutnya, Merk atau brand harus dibangun. Dirinya pun menekankan pentingnya membangun merk agar dikenal publik dan memiliki nilai jual tinggi.

"Membangun sebuah brand sebuah produk itu penting sekali brand value. Karena dari situ nilai dari sebuah perusahaan, dari sebuah produk itu bisa diangkat, dan valuasi juga biasanya dihitung dari sana," jelas Jokowi.

Terakhir, yang ia tekankan adalah cara memasarkan. Masih ada kelemahan dari para pengusaha, terutama pengusaha pemula, agar produknya bisa dipasarkan secara luas. Ia pun menyarankan agar keberadaan marketplace yang banyak saat ini bisa dimanfaatkan oleh pengusaha.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini