Image

KATA MEREKA: Harapan Masyarakat untuk Tahun 2018, dari Harga Sembako hingga Perpajakan di Indonesia

Anisa Anindita, Jurnalis · Sabtu 30 Desember 2017 08:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 29 320 1837623 kata-mereka-harapan-masyarakat-untuk-tahun-2018-dari-harga-sembako-hingga-perpajakan-di-indonesia-GhZLudmiob.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Tahun 2017 sebentar lagi akan berakhir, dan awal tahun 2018 tinggal hitungan hari saja. Kilas balik tentang perekonomian di Indonesia pada tahun 2017, di mana kondisi ekonomi global saat ini telah membaik diiringi dengan peningkatan ekspor, dan investasi. Di mana, kedua hal tersebut menjadi salah satu sinyal positif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di tahun 2018.

Bahkan, Bank Indonesia (BI) memperkirakan perekonomian Indonesia pada tahun 2018 dapat tumbuh di kisaran 5,1% hingga 5,5%. Namun, tahun ini Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi akan berada di angka 5,1%, lebih rendah dibandingkan target pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2017 yang sebesar 5,2%.

Baca juga: Natal dan Tahun Baru 2018, Mendag Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Lalu bagaimana harapan dari masyarakat tentang Indonesia dari beberapa kriteria, antara lain harga sembako, lapangan pekerjaan, tarif dasar listrik, harga BBM, dan perpajakan di tahun 2018?

Ismail Hanif Rabbani (22) Mahasiswa

Harapan saya untuk tahun 2018 terutama pada harga sembako, semoga saja apa yang menjadi kebutuhan pokok dari masyarakat indonesia sendiri dapat terpenuhi tanpa adanya proses impor. Selain itu, produk sembako juga harus yang murah, dan tidak langka. Sedangkan, pada sektor lapangan pekerjaan, saya harap makin banyak industri yang dapat menyerap para calon pekerja.

Baca juga: Kendalikan Harga Sembako, Polda Gelar Sidak ke Pasar

Agar dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Kemudian, untuk tarif dasar listrik, dan harga BBM, semoga di tahun depan tidak mengalami peningkatan yang signifikan agar tidak merugikan masyarakat. Lalu, tentang perpajakan di tahun 2018, semoga saja perpajakan di Indonesia lebih bersifat transparansi terhadap masyarakat. Khususnya pada sistem pembayaran pajak sendiri agar dapat memudahkan masyarakat dalam pembayaran pajak.

Elvaretta Gasiona (21) Mahasiswa

Harapan saya mengenai kondisi ekonomi di tahun 2018 nanti semoga dapat semakin menunjukkan kemajuannya ke arah yang lebih baik. Selain itu, semoga setiap permasalahan ekonomi di tahun ini atau sebelumnya dapat menjadi pelajaran untuk tahun depan, dan semoga dapat lebih berhati-hati terhadap kemungkinan-kemungkinan terburuk yang akan berdampak bagi semua pihak dalam mengambil keputusan atau menetapkan suatu kebijakan.

Baca juga: Jelang Tutup Tahun, Dirjen Pajak Kilas Balik 7 Hal Monumental di 2017

Sementara itu, untuk beberapa hal yang menyangkut kondisi ekonomi di Indonesia, seperti harga sembako agar selalu stabil, dan harganya ramah terhadap masyarakat. Lalu, untuk lapangan pekerjaan semakin banyak, tetapi bukan hanya dari segi kuantitas saja yang meningkat melainkan kualitasnya juga, baik lapangan pekerjaannya maupun sumber daya manusianya yang mencari pekerjaan itu sendiri. Kemudian, untuk kebijakan penggolongan listrik, tahun depan sudah harus memikirkan segala sesuatunya secara matang sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan atau berat sebelah.

Selanjutnya untuk harga BBM di Indonesia agar diusahakan tetap stabil sehingga tidak mencekik masyarakat. Dan berbicara mengenai perpajakan, di mana target-target tahun sebelumnya, seperti tax amnesty. Semoga ke depannya dapat lebih dipertahankan dalam mencapai target-target, serta semakin menunjukkan kemajuan dalam program, dan kebijakannya.

Izzatu Miratin Nisa (21) Mahasiswi

Harapan dari saya untuk Indonesia di 2018, semoga harga sembako semakin stabil agar masyarakat menengah ke bawah tidak kesulitan untuk membeli sembako lagi. Untuk masalah lapangan pekerjaa, harapannya semoga pemerintah lebih dapat meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan, baik dari segi perusahaan menengah maupun perusahaan kecil, serta memberikan dukungan terhadap usaha rumah tangga.

Hal itu juga menjadi salah satu yang mendukung peningkatan jumlah lapangan pekerjaan di Indonesia. Lalu, untuk tarif dasar listrik, kalau bisa ya kenaikannya tidak memberatkan bagi masyarakat karena kan seiring kemajuan teknologi, listrik mempunyai pengaruh yang besar, misalnya saja kulkas dan peralatan lainnya.

Tanpa listrik apa bisa digunakan? Kemudian, untuk harga BBM, kalau bisa ya semakin diperkecil kemungkinan harga naiknya, apalagi bagi pemilik kendaraan di Indonesia hanya 1 atau 2 orang. Untuk tahun ini sih lumayan ya. Pihak PT Pertamina (Persero) sudah mengatur dengan cukup baik, di mana harga BB, di Papua yang bisa 1 liter Rp100.000, tetapi sekarang sudah tidak berlaku lagi.

Ardella Riskawati (21) Mahasiswi

Semoga di tahun 2018 sistem perekonomian di Indonesia dapat berjalan lebih baik lagi dibandingkan tahun sebelumnya. Lalu juga semoga di tahun depan, disediakan lebih banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Kemudian bagi semua wakil rakyat yang diberikan amanat oleh masyarakat Indonesia agar dapat menjalankan amanatnya dengan sebaik mungkin, serta juga memenuhi janji-janjinya terhadap masyarakat. (ljs)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini