Image

TIPS LARIS: 10 Alasan Pentingnya Keberlanjutan Bisnis

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Minggu 07 Januari 2018 07:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 06 320 1841124 tips-laris-10-alasan-pentingnya-keberlanjutan-bisnis-CyQEhAUq1F.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Dalam pandangan usaha yang semakin kompetitif, semakin banyak perusahaan menyadari pentingnya memiliki sikap yang berkelanjutan atau lebih berpikir jangka panjang. Sebab, pemikiran jangka panjang memungkinkan pengusaha menjalankan bisnis dalam waktu lama lebih masuk akal.

Berikut adalah 10 alasan utama mengapa perusahaan harus peduli terhadap keberlanjutan finansial:

1.Penghematan biaya

Untuk mencapai keberlanjutan bisnis, yang perlu dilakukan adalah memperbaiki dasar pondasi bisnis tersebut. Anda mungkin harus melakukan penghematan biaya supaya bisnis bisa berjalan lebih lama.

Baca Juga: TIPS LARIS: Fenomena Baru, Konsumen Lirik Produk yang Viral di Medsos

2. Permintaan konsumen

Selain menghemat biaya, Anda juga harus memperhatikan keinginan konsumen agar bisnis tetap bertahan. Menciptakan produk baru yang menarik konsumen bisa membantu usaha Anda berlanjut lebih lama.

3. Mitigasi risiko

"Dengan meningkatnya biaya energi dan ketidakpastian pasokan, penting bagi perusahaan untuk mulai memikirkan kembali bagaimana mereka memperoleh dan menggunakan input," kata Manajer Proyek untuk Program Kemitraan Perusahaan Pertahanan Lingkungan Reyna.

4. Kepemimpinan

Pada dasarnya, perusahaan menerapkan strategi keberlanjutan untuk mematuhi peraturan pemerintah dan menghindari denda. Sekarang perusahaan terdepan menganut konsep keberlanjutan untuk menjadi bagian dari percakapan mengenai kebijakan lingkungan, kata Eliot Metzger, seorang associate senior di World Resources Institute.

5. Insentif pajak

Menurut Area Development, pemerintah federal, negara bagian dan pemerintah daerah menawarkan berbagai insentif pajak bagi pengusaha yang berbisnis namun tetap memperhatikan lingkungan. Ini termasuk kredit pajak pendapatan investasi, produksi, atau konsumsi berbasis konsumsi hingga mempercepat penyusutan untuk biaya modal tertentu.

Baca Juga: TIPS LARIS: 8 Strategi Ampuh agar Penjualan Laris di 2018

6. Retensi karyawan

"Bekerja untuk tujuan yang lebih besar bisa memotivasi karyawan," kata Metzger. "Ini adalah salah satu cara halus yang bisa digunakan untuk menanamkan budaya perusahaan yang baik.”

7. Reputasi merek

Membina hubungan konsumen yang positif melalui inisiatif berkelanjutan menghasilkan nilai merek dan memperbaiki citra perusahaan.

8. Keterbatasan sumber daya

Sumber daya alam seperti bahan bakar fosil dan air terbatas. Seiring kelangkaan meningkat, biaya juga meningkat. "Pada titik tertentu, sumber daya yang kita andalkan akan lebih mahal atau kita tidak akan bisa mendapatkannya,” kata Reyna. Jadi, perusahaan perlu dipersiapkan untuk melindungi sumber daya tersebut sehingga mereka akan banyak atau mencari sumber alternatif untuk produk dan layanan mereka. Perusahaan pemenang akan melakukan keduanya.

Baca Juga: TIPS LARIS: 7 Penyebab Utama Penjualan Anda Gagal Total

9. Menjaga persaingan

Berdasarkan survei 2011 terhadap hampir 3.000 eksekutif global oleh MIT Sloan Management Review menemukan bahwa sekitar dua pertiga responden percaya bahwa keberlanjutan diperlukan untuk bersaing di pasar saat ini.

10. Peluang mendapatkan keuntungan yang baru

"Perusahaan seperti DuPont, Nike mencari peluang bagaimana sumber daya alam, perubahan iklim, dan energi dapat mendorong inovasi dan mengilhami model bisnis baru, produk dan layanan," kata Metzger. "Inilah faktor-faktor yang akan menentukan masa depan, siapa pemenang dan pecundang di pasar. "

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini